KTH Hijau Lestari Tanam 25 ribu Mangrove di Sragi

KTH Hijau Lestari Tanam 25 ribu Mangrove di Sragi

Foto bersama anggota KTH Hijau Lestari Desa Bandar Agung, Kecamatan Sragi usai melakukan penanaman mangrove di Dusun Kualajaya, Senin kemarin.--

Lamsel, Lampungnewspaper.disway.id – Kelompok Tani Hutan (KTH) Hijau Lestari, Desa Bandar Agung, Kecamatan Sragi, Kabupaten Lampung selatan mulai melakukan penghijauan hutan mangrove di Dusun Kualajaya.
Penanaman mangrove di muara Sungai Sekampung ini mendapat suport dari Yayasan Gajah Sumatera.
Ketua KTH Hijau Lestari Sudarto mengatakan, ada sekitar 12 hektar hutan mangrove yang telah terkena dampak abrasi yang harus mendapatkan penghijauan.
“Total hutan mangrove di wilayah pesisir Desa Bandar Agung ini seluas 12 hektar. Saat ini KTH Hijau Lestari mulai melakukan penanaman,” kata Darto kepada wartawan, Senin (31/7) kemarin.
Sudarto mengungkapkan, untuk menghijaukan lahan tersebut membutuhkan 30 ribu tanaman mangrove. Sementara saat ini yang telah tertanam sebanyak lima ribu tanaman.
Ia mengungkapkan, upaya KTH Hijau Lestari ini juga mendapat dukungan dana dari Yayasan Gajah Sumatera atau Yagasu dengan target tanam sebanyak 25 ribu tanaman mangrove.
“Sekarang ini yang sudah tanam sebanyak 5 ribu pohon diatas 2 hektar lahan. Penanaman ini juga mendapat dukungan dana dari Yagasu yang menargetkan 25 ribu tanaman,” sambungnya.
Darto menjelaskan, 25  bibit tanaman bakau itu akan ditanam di bantaran muarah Sungai Sekampung yang berada di Dusun Kualajaya. Ia juga mengharapkan upaya yang telah dilakukan yang kedua kalinya ini bisa membuahkan hasil.
“Lokasi masih sama di Dusun Kualajaya. Dua tahun lalu juga sudah ada penanaman namun gagal kerana abrasi. Harapan kita upaya kita yang ke dua ini akan berhasil menghijaykan hutan mangrove di Bandar Agung,” pungkasnya. (vid)

Sumber: