Sinergi Pemprov dan Perguruan Tinggi dalam Pembangunan Daerah: Gubernur Lampung Tandatangani Perjanjian

Sinergi Pemprov dan Perguruan Tinggi dalam Pembangunan Daerah: Gubernur Lampung Tandatangani Perjanjian

--gambar: lampungprov.go.id

BANDARLAMPUNG, LAMPUNGNEWSPAPER - Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama Kuliah Kerja Nyata (KKN) Siger Berjaya Tahun 2023 antara Pemerintah Provinsi Lampung, Universitas Lampung, UIN Raden Intan, Itera, Universitas Bandar Lampung, dan Darmajaya. Penandatanganan dilakukan di Ruang Sidang Lt.2 Gedung Rektorat Universitas Lampung pada hari Selasa, 13 Juni 2023.

 

Pada kesempatan tersebut, Gubernur menyatakan bahwa KKN merupakan sinergi peran perguruan tinggi dalam percepatan pembangunan daerah. Peserta KKN dapat memberikan masukan positif terkait program pembangunan di Desa.

 

"Mohon maaf, yang sudah-sudah, saat ini KKN hanya sebagai salah satu syarat kelulusan, belum mampu memberikan partisipasi aktif perguruan tinggi terhadap pembangunan, padahal perguruan tinggi juga memiliki tanggung jawab terhadap pembangunan dan kepada masyarakat," ucap Gubernur.

 

Gubernur juga mengatakan bahwa setiap Kabupaten di Provinsi Lampung memiliki karakteristik dan potensi yang berbeda-beda, oleh karena itu diperlukan penanganan yang sesuai dengan wilayah masing-masing.

 

Dengan adanya KKN Siger Berjaya, Pemerintah diharapkan dapat memperoleh informasi yang valid terkait program pembangunan yang optimal sesuai dengan kebutuhan Desa tersebut.

 

"Dengan demikian, KKN betul-betul bisa memberikan kontribusi bagi pembangunan, terutama bagi wilayah Kabupaten/Kota yang menjadi wilayah KKN mahasiswa," ucap Gubernur.

 

Sementara itu, Rektor Universitas Lampung, Lusmeilia Afriani, menjelaskan bahwa KKN Siger Berjaya merupakan singkatan dari Kuliah Kerja Nyata Sinergi Bersama, Berdaya Saing, Sejahtera, dan Berbudaya.

 

Sumber: