Temu Usaha Agribisnis Penas XVI: Penyaluran KUR di Provinsi Lampung Melebihi Target Pemerintah

Temu Usaha Agribisnis Penas XVI: Penyaluran KUR di Provinsi Lampung Melebihi Target Pemerintah

--gambar: lampungprov.go.id

SUMATERA BARAT, LAMPUNGNEWSPAPER - Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kusnardi, yang didampingi oleh Kadis Kehutanan Provinsi Lampung Yayan Ruchyansyah dan Kadis Peternakan Provinsi Lampung Lili Mawarti, mengikuti kegiatan Temu Usaha Agribisnis di Universitas Negeri Padang Hotel and Convention Padang pada hari Minggu (11/06/2023).

 

Forum Temu Usaha Agribisnis yang diselenggarakan dalam acara Penas XVI di Provinsi Sumatera Barat adalah sebuah forum yang menghubungkan petani dan nelayan dengan pengusaha atau perusahaan yang bergerak di bidang agribisnis. Dari pertemuan ini, diharapkan dapat memfasilitasi terjalinnya kontak bisnis dan transaksi bisnis antara petani-nelayan dengan pengusaha atau perusahaan untuk memasarkan produk pertanian, kehutanan, dan perikanan.

 

Ketua Temu Usaha Agribisnis, Bambang Supartoko, dalam laporannya menyebutkan bahwa ada 270 peserta yang hadir dalam forum Temu Usaha Agribisnis ini, yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia, dan juga dihadiri oleh beberapa narasumber.

 

Kegiatan ini dibuka oleh Direktur Pembiayaan Pertanian Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Indah Megahwati, yang mewakili Menteri Pertanian RI. Indah menyampaikan bahwa Pemerintah terus berkomitmen untuk membantu pengembangan usaha petani, salah satunya dengan memberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada mereka.

 

"Para petani nantinya dapat mengakses KUR dengan bunga yang hanya 3 persen. Ini adalah upaya untuk membantu petani dengan cara yang murah, mudah, dan fleksibel," ucapnya.

 

Indah berharap bahwa melalui kerjasama ini, akan tercipta peluang-peluang bagi para pelaku usaha di bidang pertanian dan perikanan yang akan meningkatkan pendapatan petani.

 

"Penandatanganan MoU ini menjadi bukti komitmen bersama untuk membuka peluang kerjasama yang akan membantu petani dan pelaku usaha," lanjutnya.

 

Sumber: