Wakil Rektor IAIN Metro Sebut Pilkada Sebagai Parameter Kedewasaan Masyarakat

Wakil Rektor IAIN Metro Sebut Pilkada Sebagai Parameter Kedewasaan Masyarakat

Wakil Rektor IAIN Metro, Prof Suhairi Yusuf--M. Ricardo

METRO LAMPUNGNEWSPAPER- Wakil Rektor IAIN Metro, Prof Suhairi Yusuf menyebut Pilkada Kota Metro 2024 menjadi salah satu parameter, tingkat kedewasaan masyarakat di bumi Sai Wawai.

Prof Suhairi mengatakan, ajang pemilihan kepala daerah ditentukan sejauh mana proses demokrasi berlangsung dengan asas luber dan jurdil. Masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan diharapkan berpikir objektif menyikapi fenomena politik uang yang kadung melekat di setiap pesta demokrasi.

"Maka berkaitan dengan ini, maka kita sebagai akademisi sangat menekankan hendaknya masyarakat kita lebih melihat kaitannya dengan substansi, yaitu mengenai kualitas masing-masing calon, yaitu mana yang lebih maslahat untuk masyarakat ke depannya," kata Prof Suhairi, Rabu, 16/10/2024.

Masyarakat diminta cerdas menentukan pilihan di Pilwalkot Metro yang dijadwalkan 27 November 2024 mendatang.

BACA JUGA:DPP NasDem Laporkan Bawaslu dan Polres Kota Metro Terkait Kejanggalan Kasus Qomaru

Suhairi mencontohkan kultur masyarakat Jakarta yang memilih pemimpin tanpa terimbas dengan embel-embel siapa dan berapa bayaran.

"Jadi, Metro yang selama ini dikenal lebih mempertimbangkan bayarannya dengan keterkaitan untuk menentukan pilihan, maka harapan kita masyarakat Metro menjadi semakin dewasa," paparnya. 

"Mencerminkan masyarakat yang hidup di perkotaan, hendaknya bisa mendekati mayoritas masyarakat di kota besar seperti di Jakarta yang tidak melihat siapa yang bayar, siapa yang bayarannya besar, tetapi lebih melihat kepada kualitas calon yang didukung," tandasnya. (MRC)

Sumber: