Pjs Wali Kota Metro Ajak Insan Pers Bersinergi, Kawal Laju Pemerintahan dan Pembangunan

Pjs Wali Kota Metro Ajak Insan Pers Bersinergi, Kawal Laju Pemerintahan dan Pembangunan

Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Metro, Descatama Paksi Moeda mengajak insan pers di Bumi Sai Wawai bersinergi dengan pemerintah--M. Ricardo

METRO, LAMPUNGNEWSPAPER- Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Metro, Descatama Paksi Moeda mengajak insan pers di Bumi Sai Wawai bersinergi dengan pemerintah, mengawal laju pemerintahan dan menjadi sosial kontrol dalam pembangunan daerah.

Hal itu dikatakannya saat berkunjung ke sekretariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Metro, pada Jumat, 11 Oktober 2024. 

Descatama menekankan peran penting wartawan sebagai sosial kontrol, dalam mengawal jalannya pemerintahan dan pembangunan di Kota Metro.

"Kunjungan saya ke PWI itu bertujuan menyinergikan peranan wartawan sebagai sosial kontrol pemerintahan, agar mereka dapat terus mendukung jalannya pembangunan di Kota Metro," kata Descatama, Senin, 14/10/2024.

BACA JUGA:Polres Metro Gelar Operasi Zebra Krakatau 2024, Targetkan 9 Prioritas Pelanggaran

Selain itu, lanjut dia, kunjungan tersebut juga bertujuan mempererat silaturahmi antara pemerintah dengan insan pers.

Dia berharap, sinergitas yang sudah terjalin antara Pemkot Metro dan wartawan dapat mendorong percepatan pembangunan, sehingga berimplikasi positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

PWI Kota Metro sebagai salah satu penerima hibah dari pemerintah, diharap bisa bersinergi dan aktif dalam publisitas penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah.

Sebagai sosial kontrol, wartawan juga diminta menjadi pengawas netralitas ASN, khususnya dalam penyelenggaraan pesta demokrasi Pilkada Kota Metro 2024 mendatang.

"Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah mengatur penyelenggaraan pemerintahan daerah di Indonesia. Undang-undang ini mengamanatkan bahwa penyelenggaraan pemerintahan daerah harus berpedoman pada asas-asas tertentu," tegasnya.

Descatama berharap, selama 2 bulan dirinya menjabat sebagai Pjs Wali Kota Metro, penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di lingkungan Pemkot Metro dapat berjalan dengan baik, dan manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat.

"Kalau untuk APBD Kota Metro tahun 2025 sudah dilakukan pembahasan. Tentunya dinas yang membidangi dapat melakukan ekstensifikasi kegiatan dengan melihat potensi-potensi PAD yang ada di Kota Metro," ucapnya.

"Untuk itu teman-teman, kita butuh semua dukungannya. Kita kompak bersama-sama, sehingga apa yang menjadi niat baik kita ini diridhoi oleh Allah dan bermanfaat untuk masyarakat Kota Metro," tukasnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kota Metro, Rino Panduwinata menyatakan dukungannya, serta mengucapkan terima kasih atas kunjungan silaturahmi ke Sekretariat PWI. 

Sumber: