Peringati Harlah Bandar Lampung, RSUD Tjokrodipo Bakal Gelar Operasi Katarak dan MOW

Kamis 13-06-2024,21:28 WIB
Reporter : Deka Agustina Ramlan
Editor : Khairul

BANDARLAMPUNG,LAMPUNGNEWSPAPER- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung akan menggelar operasi katarak mata dan kontrasepsi mantap pada wanita (MOW) gratis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) A Dadi Tjokrodipo. Acara itu digelar dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) Kota Bandar Lampung ke-342. 

Hal itu diungkapkan Plt Direktur Umum RSUD A Dadi Tjokrodipo, Teti Herawati, Kamis (13/6/2024). "Pendaftaran sudah dibuka sejak 10 Juni hingga 29 Juni nanti. Sudah terdaftar 78 pendaftar," katanya. 

Teti menjelaskan, saat proses pendaftaran dibuka, pihaknya juga tengah proses screening kepada calon pasien operasi katarak.

"Kita screening terlebih dahulu oleh dokter spesialis mata. RS Tjokrodipo sendiri memiliki tiga dokter spesialis mata nanti akan discreening mulai tanggal 11 Juni sampai akhir Juni," ungkapnya.

Teti menyebut, pelaksanaan operasi katarak mata akan dilakukan pada 4-5 Juli 2024.

BACA JUGA:Pemkot Bandar Lampung Anggarkan Rp10 Miliar Program Sarapan Bergizi

"Kalau memang pesertanya membludak nanti akan dilakukan secara bertahap yakni sehari bisa 30-50 pasien sehari dengan tiga dokter spesialis mata," jelasnya.

Teti menambahkan, untuk operasi MOW ada berbagai persyaratan yang harus dipenuhi calon pasien MOW.

Perlu diketahui MOW atau tubektomi adalah tindakan pengikatan dan pemotongan saluran telur agar sel telur tidak dapat dibuahi oleh sperma.

"Kriteria tentunya harus mendapat izin dari keluarga karena disteril harus ada persetujuan. Sudah lebih dari 25 tahun, tidak pernah operasi sesar, paling penting sudah mempunyai keturunan," katanya.

Ia mengatakan, saat ini sudah ada 19 pendaftar untuk bersedia melakukan operasi MOW. (dka)

Tags :
Kategori :

Terkait