Kebersihan Tiap Dusun Dinilai, Jadi Motivasi Kadus

Senin 21-08-2023,06:28 WIB
Reporter : Admin
Editor : Admin

 

Lalu kerapian penataan bunga dan pepohonan, plus umbul-umbul disertai dekorasi. Kategori kelima yaitu keamanan dusun, ada poskamling, dan jadwal ronda teratur. Kategori kelima ialah administrasi dusun. Setiap dusun wajib punya buku administrasi, misalnya buku PKK.

 

 

 

Kategori yang jadi penilaian terakhir yaitu partisipasi masyarakat. Contohnya kegiatan perayaan kebersamaan warga, dan jadwal gotong royong.

 

 

 

Lomba kebersihan lingkungan itu sengaja digelar oleh Kepala Desa Totoharjo, Imam Bukhori, untuk melihat sejauh mana kekompakan warganya dalam mengelola kebersihan, kerapian, sekaligus administrasi yang dipegang dan harus berjalan di setiap dusun.

 

 

 

"Kami ingin memotivasi sekaligus mengedukasi masing-masing dusun supaya menunjukkan identitas dan kreativitasnya," ujar Imam kepada Radar Lamsel, Sabtu, 19 Agustus 2023.

 

 

 

 Dari sana, lanjut Imam, aparatur desa bisa melihat dan menilai dusun apa yang memiliki keinginan tinggi dalam menjaga kebersihan wilayahnya. Imam mengatakan lomba kebersihan juga bisa mengevaluasi nilai kepala dusun, apakah mereka dekat atau tidak dengan masyarakatnya.

 

 

 

"Kepala dusun itu pelayan utama di wilayahnya. Jadi mereka harus tahu, apa kekurangan dan kelebihan dusunnya," kata Imam.

 

 

 

Berikut daftar dusun yang menjadi juara dilomba kebersihan lingkungan HUT yang ke- 78 RI di Desa Totoharjo Tahun 2023. Juara 1 dusun 4, juara 2 dusun 1, juara 3 dusun 2. Sedangkan juara harapan 1 didapat oleh dusun 3, juara harapan 2 didapat dusun 5, dan juara harapan 3 didapat dusun 6. (rnd)

 

 

 

Tags :
Kategori :

Terkait