Kebersihan Tiap Dusun Dinilai, Jadi Motivasi Kadus

Senin 21-08-2023,06:28 WIB
Reporter : Admin
Editor : Admin

 

 Dari sana, lanjut Imam, aparatur desa bisa melihat dan menilai dusun apa yang memiliki keinginan tinggi dalam menjaga kebersihan wilayahnya. Imam mengatakan lomba kebersihan juga bisa mengevaluasi nilai kepala dusun, apakah mereka dekat atau tidak dengan masyarakatnya.

 

 

 

"Kepala dusun itu pelayan utama di wilayahnya. Jadi mereka harus tahu, apa kekurangan dan kelebihan dusunnya," kata Imam.

 

 

 

Berikut daftar dusun yang menjadi juara dilomba kebersihan lingkungan HUT yang ke- 78 RI di Desa Totoharjo Tahun 2023. Juara 1 dusun 4, juara 2 dusun 1, juara 3 dusun 2. Sedangkan juara harapan 1 didapat oleh dusun 3, juara harapan 2 didapat dusun 5, dan juara harapan 3 didapat dusun 6. (rnd)

 

 

Kebersihan Tiap Dusun Dinilai, Jadi Motivasi Kadus

 

 

 

BAKAUHENI - Pemerintah Desa Totoharjo, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, menjadikan momentum Hari Kemerdekaan yang-78 Republik Indonesia dengan lomba yang berbeda dari yang lain.

 

 

 

Pemerintah desa mengadakan lomba kebersihan lingkungan. Lomba kebersihan itu diikuti oleh 6 dusun yang ada di Desa Totoharjo. Sebagai bentuk transparansi dan objektivitas, pemerintah desa mengundang pihak dari Kecamatan Bakauheni sebagai tim penilai.

 

 

 

Tim akan melihat 6 kategori yang dijadikan patokan utama penilaian di setiap dusun. Kategori pertama adalah kebersihan dusun, yang jadi sorotan yaitu sampah yang berserakan, kotak sampah di dalam dan di luar rumah, serta tempat penampungan sampah lingkungan.

 

 

 

Kategori kedua yaitu kesehatan dusun, BAB di jamban, saluran limbah lancar dan tertutup, air bersih dan cuci tangan dengan sabun. Selanjutnya kategori kerapian dusun. Untuk yang satu ini setiap dusun wajib memiliki gapura, dan papan nama dusun.

 

 

Tags :
Kategori :

Terkait