5 Peristiwa Penting Pada 3 Agustus, Salah Satunya Penetapan Tersangka Untuk Soeharto

Kamis 03-08-2023,08:59 WIB
Reporter : Admin
Editor : Admin

Bandarlampung, Lampungnewspaper.disway.id - Bulan Agustus selalu istimewa bagi rakyat indonesia, bulan kedepalan dalam kalender masehi ini selalu diperingati sebagai bulan kemerdekaan.


Selain hari proklamasi pada 17 Agustus, Lampungnewspaper.disway.id juga merangkum peristiwa-peristiwa penting baik dalam maupun luar negeri selama bulan agustus, khususnya tanggal 3 agustus hari ini.

Berikut 5 peristiwa yang harus kita ketahui yang terjadi pada Tanggal 3 Agustus ;

1. 1949 - Perang Kemerdekaan Indonesia: Berdasarkan Perjanjian Roem-Roijen, pukul 22.00 gencatan senjata diperintahkan untuk pasukan Indonesia (TNI) oleh Jenderal Soedirman untuk menghentikan baku tembak dengan tentara Belanda (KNIL).

2. 1963 - Konfrontasi Indonesia-Malaysia - Deklarasi Manila yang merupakan bagian dari rangkaian Persetujuan manila disetujui.


3. 2 000 - Mantan Presiden Soeharto resmi menjadi tersangka penyalahgunaan dana yayasan sosial yang didirikannya dan dinyatakan sebagai terdakwa berbarengan dengan pelimpahan berkas perkara ke Kejaksaan Tinggi Jakarta.


4. 1492 - Christopher Columbus, pelaut Italia, memulai perjalanan bersejarahnya untuk memulai misi menemukan jalan baru ke India

5. 1916 - Perang Dunia I: Pertempuran antara pasukan Kerajaan Inggris dan Kerajaan Ottoman terjadi di sekitar Terusan Suez. Dikenal juga dengan peristiwa "Pertempuran Romani".(Kms)


Sumber : Wikipedia




Tags :
Kategori :

Terkait