Wagub Chusnunia Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Bersama Menteri Dalam Negeri

Sabtu 01-07-2023,13:03 WIB
Reporter : Sri Ayu Indah Mawarni
Editor : Sri Ayu Indah Mawarni

BANDARLAMPUNG, LAMPUNGNEWSPAPER - Wakil Gubernur Chusnunia menghadiri Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah secara virtual, yang dilaksanakan di Ruang Rapat Sakai Sambayan, pada hari Senin (12/06/2023).

 

Inflasi nasional pada bulan Mei 2023 mencapai 4% (yoy) atau 0,09% (mtm). Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, yang memimpin rapat tersebut, mengungkapkan bahwa angka tersebut merupakan yang terendah sejak bulan Juli 2022.

 

"Semua ini berkat kerja keras dari pemerintah pusat dan seluruh pemerintah daerah. Fakta ini menunjukkan bahwa tindakan yang telah dilakukan sudah berada pada jalur yang benar. Yang perlu kita lakukan sekarang adalah menjaga konsistensi dan tidak pernah merasa bosan," kata Mendagri.

 

Mendagri juga menyampaikan arahan dari Presiden Joko Widodo yang menargetkan inflasi nasional sebesar 3%.

 

Dalam rapat tersebut, terungkap bahwa telah terjadi kenaikan harga beberapa komoditas pangan seperti daging ayam ras, telur ayam ras, dan jagung di tingkat peternak.

 

Mendagri meminta seluruh daerah yang mengalami kenaikan harga komoditas-komoditas tersebut untuk memantau dan menjaga agar harga tetap stabil jika terjadi kenaikan yang terlalu tinggi.

 

Mendagri juga menginstruksikan agar seluruh daerah terus melakukan pemantauan terhadap stok dan harga komoditas pangan, terutama menjelang Hari Raya Kurban Idul Adha.

 

"Terdapat beberapa komoditas yang perlu diperhatikan, seperti daging ayam ras, telur ayam ras, dan jagung di tingkat peternak. Kenaikan harga boleh terjadi, namun jangan sampai terlalu tinggi sehingga memberatkan masyarakat atau konsumen," ujar Mendagri.

Kategori :