BRI Luncurkan BRILiaN Way, Transformasi Culture Menuju One of The Most Profitable Bank in Southeast Asia

Rabu 16-07-2025,19:04 WIB
Reporter : Khairul
Editor : Khairul

JAKARTA,LAMPUNGNEWSPAPER –  PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus memantapkan langkah transformasi menyeluruh demi mewujudkan aspirasi menjadi  The Most Profitable Bank in Southeast Asia  pada tahun 2030. Salah satu tonggak penting dalam perjalanan transformasi ini adalah peluncuran BRILiaN Way, sebagai komitmen bersama dalam menginternalisasi budaya kerja unggul dan berorientasi kinerja ( performance-driven behaviour ) di lingkungan BRI.

Kick-Off  BRILiaN Way yang   dilaksanakan di Menara BRILian, Jakarta (14/07) tersebut dihadiri langsung oleh  Chief Operating Officer  BPI Danantara Dony Oskaria dan Direktur Utama BRI Hery Gunardi, serta diikuti oleh jajaran Direksi,  Senior Leader , dan perwakilan Insan BRILiaN dari seluruh unit kerja di Indonesia.

Dalam sambutannya, Direktur Utama BRI Hery Gunardi menegaskan bahwa sebagai bank dengan jangkauan luas di seluruh Indonesia dan rekam jejak panjang, BRI memiliki fondasi kuat untuk menjadi bank terkuat di Indonesia dan bahkan di Asia Tenggara. Adapun, guna mencapai aspirasi tersebut, dibutuhkan transformasi pada empat aspek kunci yang kini tengah dijalankan.

Pertama,  dari sisi pendanaan atau  funding engine , di mana BRI tengah menempuh langkah strategis untuk memperkuat struktur pendanaan jangka panjang dengan fokus pada peningkatan dana murah dan efisiensi biaya dana.

“Di sisi  funding , kita berupaya memperbaiki struktur pendanaan BRI agar dana murah dapat memiliki persentase yang lebih tinggi, dengan meningkatkan rasio CASA dan menekan  cost of fund . Diantaranya dengan melakukan transformasi CASA  retail  dan menguasai ekosistem dan mengoptimalkan transaksi,” ujarnya.

BACA JUGA:BRI dan Liga Kompas Melepas Keberangkatan Tim LKG BRI ke Piala Dunia Remaja “Gothia Cup” di Swedia

Kemudian, lanjut Hery, langkah kedua adalah melakukan optimalisasi  cost of credit  bisnis UMKM, yang selama ini telah menjadi kekuatan inti BRI. Upaya ini dilakukan melalui perbaikan proses bisnis, pengembangan  modelling  bagi para mantri, serta penguatan sistem  monitoring  risiko kredit agar pertumbuhan sektor UMKM tetap sehat dan terkelola secara optimal.

Selanjutnya, BRI juga akan melakukan  re-branding  yang lebih menyeluruh, yang bertujuan untuk memperkuat  positioning  BRI sebagai  universal banking  yang relevan bagi seluruh lapisan masyarakat dan pelaku usaha.

Keempat  adalah dari  sisi culture,  di mana kita menciptakan budaya kerja yang dapat meningkatkan  performance , transformasi  people  agar lebih produktif dan berdaya saing dan menciptakan  leader  yang mampu nata, nuntun dan nagih,” kata Hery.

Adapun sebagai bagian dari transformasi, BRI kini menetapkan  BRILiaN Way  sebagai arah budaya bersama yang menjadi landasan dalam bekerja. Lima nilai utama yang diusung yakni  Integrity, Collaborative, Accountability, Growth Mindset,  dan  Customer Focus  yang ditetapkan sebagai panduan nilai dan perilaku yang harus dimiliki oleh seluruh Insan BRILiaN dalam menjalankan perannya.

Senada dengan hal tersebut, dalam sambutannya,  Chief Operating Officer  BPI Danantara Dony Oskaria mengungkapkan bahwa kekuatan fundamental BRI terletak pada jangkauan dan relevansinya di tengah masyarakat. “BRI sangat  powerful  ya, apalagi begitu melihat jangkauan BRI. Kita punya lebih dari 7.000 cabang, lebih dari 1 juta AgenBRILink. Kehadiran BRI sangat penting bagi masyarakat Indonesia,” ungkap Dony.

Lebih lanjut, Dony menyinggung bahwa tantangan utama BRI ke depan adalah perubahan ekspektasi nasabah yang dipicu oleh pengalaman mereka dalam menggunakan layanan perbankan. Menurutnya, kondisi inilah yang membuat transformasi menjadi sebuah keniscayaan dan transformasi ini harus berakar pada upaya untuk terus memahami dan memenuhi kebutuhan nasabah, bahkan melampaui harapan.

“Perubahan disebabkan karena kita ingin fokus ke  customer , dan  customer  ekspektasinya selalu berubah.  Customer  atau perusahaan yang  sustain  adalah yang dapat melayani melampaui ekspektasi  customer , dan di level itu maka  customer  akan  repeat, loyal,   referral,  dan yang terakhir akan menjadi  advocate  atas sebuah merek ,   tutupnya. 

Tags :
Kategori :

Terkait