Pemkot Bandar Lampung Gelar Festival Seni Budaya Lintas Agama

Pemkot Bandar Lampung Gelar Festival Seni Budaya Lintas Agama

--Foto Deka Agustina Ramlan

BANDARLAMPUNG, LAMPUNGNEWSPAPER- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung menggelar festival seni budaya lintas agama guna memperkuat dan konsistensi dalam menjaga nilai-nilai spiritual di Tugu Adipura, Sabtu (24/8/2024).

Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kota Bandar Lampung, Jhoni Asman mengatakan, tujuan diselenggarakan festival ini untuk meningkatkan kerukunan dan toleransi antar umat beragama yang ada di Kota Tapis Berseri.

“Festival ini diikuti 3 kategori dengan jumlah peserta 2.512 orang terdiri1 dari kategori lintas agama islam 100 peserta, katolik 100 peserta, protestan 100 peserta, Buddha 100 peserta, Hindu 100 peserta. Kemudian kategori peserta 20 kecamatan masing-masing 100 peserta dan kategori umum ada 12 peserta,” katanya.

Sementara itu, Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana mengatakan, Kota Tapis Berseri merupakan kota besar ke-4 dan terpadat ke-3 di Sumatera, dengan populasi 1,2 juta jiwa tersebar di 126 kelurahan yang dihuni oleh berbagai etnik dan agama.

BACA JUGA:Walikota Eva Tinjau Hasil Renovasi Pasar Pasir Gintung

Terdiri dari keragaman etnik dan agama yang berbeda-beda, Pemkot Bandar Lampung membentuk suatu lembaga forum kerukunan umat beragama (FKUB).

“Dengan festival seni budaya lintas agama ini diharapkan dapat meningkatkan toleransi, solidaritas serta kesetiakawanan sosial antar umat beragama,” ujarnya.

Menurut Bunda Eva, kegiatan ini kiranya dapat dijadikan sebagai media untuk mempererat tali silaturahmi serta menjadi ajang syair keagamaan di tengah masyarakat.

“Kami berharap dengan warna-warna dan keragaman kekayaan hasana budaya lintas agama yang kita tampilkan pada ajang festival ini dapat menjadi jalan untuk memupuk semangat persatuan dan kesatuan dalam mendukung terwujudnya Kota Bandar Lampung yang bermarwah, maju dan sejahtera,” pungkasnya. (dka)

Sumber: