Pemkot Bandar Lampung akan Gelar Karnaval Lintas Agama

Pemkot Bandar Lampung akan Gelar Karnaval Lintas Agama

Pelaksana Tugas Asisten 1 Pemkot Bandar Lampung, Maidasari,--Foto Deka Agustina Ramlan

BANDARLAMPUNG, LAMPUNGNEWSPAPER- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung akan menggelar karnaval lintas agama guna mempererat tali silahturahmi dan kerukunan umat beragama di Kota Tapis Berseri.

Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas Asisten 1 Pemkot Bandar Lampung, Maidasari, Minggu (4/8/2024). "Karnaval lintas agama ini, akan didukung oleh Forum Kerukunan Umat Beragama, serta tokoh masyarakat dan tokoh agama di kota," kata dia. 

Menurutnya, karnaval lintas agama ini digelar di Bandar Lampung selain untuk mengkokohkan persatuan umat beragama, juga untuk meminimalisir gesekan antar umat beragama.

"Kegiatan ini akan dilaksakan pada 24 Agustus mendatang. Di mana nanti tiap agama akan menampilkan budayanya masing-masing," jelasnya.

Maidasari menjelaskan, kegiatan seperti karnaval lintas agama penting sekali dihadirkan di kota-kota yang memiliki keyakinan yang berbeda-beda agar ke depan masyarakat bisa saling memahami dan toleransi antar satu sama lain.

BACA JUGA:PAC GRIB Sukabumi Hadiri Tabligh Akbar 1 Muharram 1446 H dan Santunan Anak Yatim

"Ini penting agar tidak ada kesalahpaham antarumat beragama. Terutama dalam kegiatan-kegiatan yang sifatnya ritual," paparnya.

Terlebih, kata Maidasari, Kota Bandar Lampung merupakan Ibu Kota Provinsi Lampung yang masyarakatnya heterogen, terdiri dari banyak suku dan agama, sehingga diperlukan suatau tindakan yang dapat membangun komunikasi antar satu sama lain.

"Jadi kegiatan karnaval lintas agama yang akan digelar ini adalah upaya kami unutuk membangun komunikasi yang baik antarumat beragama serta mengeleminasi gesekan-gesekan yang mungkin terjadi di kemudian hari," pungkasnya. (dka)

Sumber: