Pj Bupati Tanggamus Berharap Pekon Kiluan Negeri Jadi Yang Terbaik

Pj Bupati Tanggamus Berharap Pekon Kiluan Negeri Jadi Yang Terbaik

Pj Bupati Tanggamus Dr. Ir Mulyadi Irsan,M.T., menyambut baik kunjungan Tim Penilai dari Kemenparekraf RI --ist

TANGGAMUS,LAMPUNGNEWSPAPER.COM-Pj Bupati Tanggamus Dr. Ir Mulyadi Irsan,M.T., menyambut baik kunjungan Tim Penilai dari Kemenparekraf RI  ke Destinasi Wisata Teluk Kiluan untuk melihat secara langsung kondisi desa wisata unggulan tersebut. 

Ia juga mewakili masyarakat Kabupaten Tanggamus pada umumnya dan masyarakat Pekon Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan khususnya, bahwa sekiranya dipandang layak, tidak berlebihan serta berharap desa wisata Teluk Kiluan ini bisa mendapatkan nilai terbaik.

"Kabupaten Tanggamus secara topografi dan geografis-nya memiliki paket lengkap ada pegunungan, ada lautan, dataran tinggi atau perbukitan, juga dataran rendah pesisir pantai. Komoditas pertanian, perkebunan, perikanan sangat potensial mengingat lahan-lahan pertanian, perkebunan dan perairan begitu melimpah disini. Selain itu, wilayah Tanggamus yang indah Memiliki potensi wisata alam  berlimpah mulai dari wisata pegunungan atau wisata pantai," ungkapnya.

Beberapa destinasi wisata di Kabupaten Tanggamus yang sudah terkenal di mancanegara diantaranya seperti Pantai Teluk Kiluan yang terkenal dengan lumba-lumbanya.

"Kemudian ada juga wisata Pantai Gigi Hiu, Pantai Karang Bolong Limau, Air Terjun Lembah Pelangi, Air Terjun Tirai Lebuay, Air Terjun Way Lalaan, Air Terjun Jarum, Way Beghak, Rhino Camp, Bukit Idaman dan masih banyak lagi yang lainnya, yang akan terus kita kembangkan dengan maksimal sehingga menjadi salah satu destinasi wisata strategis nasional, dan akan mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat sekitarnya," kata PJ Bupati.

 

"Pengembangan pariwisata bersifat multifaktorial, oleh karenanya Pemkab Tanggamus melalui Dinas Pariwisata dalam rangka mengoptimalkan potensi pariwisata, selalu bersinergi dan bekerjasama dengan berbagai pihak, baik dengan pemerintah pusat dan Pemprov, pelaku usaha jasa, maupun masyarakat dengan Kelompok sadar wisata (pokdarwis), pengelola destinasi wisata, pelaku usaha/seni kerajinan, UMKM dan lain-lain," ungkap Pj Bupati.

 

Pj. Sekda Tanggamus, Suaidi menambahkan bahwa dengan masuknya Pekon Kiluan Negeri 50 besar ADWI 2024 merupakan capaian membanggakan bagi Tanggamus dan juga Provinsi Lampung.

 

"Kita akan terus melakukan segala upaya melibatkan berbagai sektor dan pihak terkait agar Teluk Kiluan ini menjadi unggulan dan naik peringkat dari berkembang menjadi maju, dan keluar sebagai juara satu di 50 besar ini, minta doanya dari seluruh masyarakat Tanggamus,"kata Suaidi.

 

Kadis pariwisata Suyanto mengatakan Pariwisata adalah satu hal yang luar biasa karena dalam sejarahnya terutama Teluk Kiluan setelah mengikuti lomba ini dari tahun 2017 masuk ke 50 besar dari 601 6 Desa di seluruh Indonesia.

 

kita berharap untuk penilaian yang dilakukan kemarin ini memberikan hasil yang baik ya Karena melakukan penilaian terhadap atraksi aminitas dan lain-lain  kita sudah maksimal melakukan persiapan-persiapan kita berharap kita dapat predikat yang baik dari kegiatan ADWI  tentu ini akan memacu menjadi pemantik dari pengembangan desa wisata kita di Kabupaten Tanggamus yang secara potensi memang luar biasa 

 

"Atas ke arahan dari dewan juri  kedepan harus terus dikembangkan sehingga ketika kita ini nanti menjadi juara tidak stagnan pada satu titik tapi kita bisa berkelanjutan dan ini tentu harapan kita bisa memacu pekon - Pekon yang ada di Tanggamus.(**)

 


--

Sumber: