PMI Metro Terus Gencarkan Donor Darah untuk Jaga Ketersediaan Stok Darah

PMI Metro Terus Gencarkan Donor Darah untuk Jaga Ketersediaan Stok Darah

\"\"LAMPUNGNEWSPAPER.COM, METRO - Palang Merah Indonesia (PMI) Metro terus lakukan kegiatan donor darah guna cukupi ketersediaan stok darah di musim Demam Berdarah Dongue (DBD) saat ini.

Penyakit yang telah menjadi langganan tahunan itu kini menghantui masyarakat saat masuki musim penghujan, berdasarkan hal tersebut PMI kota Metro lakukan tindak pencegahan agar ketersediaan stok darah saat ini tetap stabil.

Dalam hal ini, Ketua PMI Kota Metro, Silfia Naharani menjelaskan, untuk kebutuhan darah di Metro sudah aman.

\"Kenapa kita gencar donor darah, jadi ini kan musim DBD, kalau teman-teman gabisa prefentif ini akan makin meningkat,\" ucap dia  di lokasi pendonoran darah SMA N 5 Metro, Kamis, 20 Januari 2022.

Lanjutnya, kegiatan ini juga menyambung daripada beberapa waktu yang lalu banyak permintaan transfusi darah dari berbagai pihak.

\"Jadi, ini sudah ada teriakan sana sini, makanya kita langsung babat habis turun terus kelapangan untuk mencari pendonor-pendonor,\" ujarnya.

\"Kita juga punya kegiatan yang namanya Road Show untuk donor PMI yang sampai saat ini sudah 9-10 sekolahan yang kita datangi,\" sambungnya.

Kemudian, pihaknya merencanakan untuk kedepan itu akan menjadi kegiatan rutin dan dengan kegiatan tersebut para siswa akan menjadi pendonor tetap.

\"Jadi, saat ini jelas pendonor kita terhitung berapa orang dan secara continue kita akan ulang seperti itu, dan kita juga akan mencari dari luar Metro,\" ucapnya.

Wanita yang juga Ketua TP-PKK ini pun menjelaskan, kegiatan itu di tujukan di sekolah diharap dapat meningkatkan jiwa peduli kemanusiaan sejak dini.

\"Saya harap mereka tidak hanya cerdas dalam IQ, tetapi juga cerdas dalam etika dan cerdas dalam empati kepada seseorang, jadi cerdas dalam sosial,\" beber dia.

\"Salah satunya mereka mendonorkan darah, masih generasi muda walaupun mungkin bagi mereka tidak ada artinya tapi bagi pasien sangat membantu karena itu dapat menyambung nyawa,\" sambungnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Sekolah SMA N 5 Metro, Suparni menjelaskan, kegiatan ini dilakukan dalam upaya menanamkan jiwa sosial sejak dini terhadap siswa.

\"Upaya ini yang jelas karna kita Sekolah motifnya tentu kependidikan yaitu mendidik ke anak-anak, supaya lebih peduli ke sesama melalui kegiatan donor darah ini. Mudah-mudahan mereka lebih perduli kepada sesama yang menyangkut hajat hidup orang lain,\" kata dia.

Lanjutnya, untuk kegiatan donor darah sebanyak 200 siswa terdaftar dalam kegiatan itu, guru dan juga masyarakat sekitaran ada yang ikut menyumbangkan.

\"Kegiatan ini kami lakukan memang sudah setiap tahun, dari PMR kita ada salah satu agenda tahunannya yaitu donor darah itu biasa nya dilakukan waktu ulang tahun PMR, dan itu rutin setiap tahun biasanya bulan agustus,\" tutupnya.(mtn)

Sumber: