Carut Marut PPDB SMA N 1 di Bongkar Internal Sekolah! ini Faktanya

Carut Marut PPDB SMA N 1 di Bongkar Internal Sekolah! ini Faktanya

--Foto Franki saputra

LAMPURA, LAMPUNGNEWSPAPER -Carut marut PPDB online tahun 2024 di SMA Negeri 01 Kotabumi akhirnya mulai menemui titik terang. Dugaan pengkondisian penerimaan peserta didik tersebut diakui langsung oleh ketua panitia seleksi PPDB online sekolah setempat.

Ketua Panitia PPDB online SMA Negeri 01 Kotabumi, inisial Y saat dikonfirmasi awak media mengatakan pada seleksi penerimaan peserta didik lewat jalur perpindahan tugas orang tua terdapat "titipan" sejumlah pihak.

"Kita periksa SK pindah tugasnya, Kartu Keluarga juga. Yang diterima liat perpindahan tugas orang tua itu macam-macam, ada yang dari DPRD (Lampura), saya juga enggak ngerti ya. Ada juga yang (orang tuanya) pengawas sekolah Lampung Tengah ke Lampung Utara. Anak kandung guru disini dimasukkan lewat jalur perpindahan tugas orang tua," ungkap dia, belum lama ini.

Terkait anak guru diterima lewat jalur perpindahan tugas orang tua, dirinya mengaku sebelumnya sempat protes karena tidak ada jalur khusus untuk penerimaan peserta didik bagi guru.

"Kemarin pas ada monev (monitoring evaluasi) kami sempat protes, karena enggak ada jalurnya. Ada 5 orang anak guru yang dimasukkan lewat jalur perpindahan tugas orang tua. Wajarlah ya, masak kita (guru) ngajar anak orang, anak kita enggak bisa," terangnya.

"Total yang diterima ada 15 orang, termasuk yang anak guru. Pusing kami, anak kawan sendiri (kalau) enggak masuk, di cemberutin," timpalnya lagi.

Selama proses pembukaan pendaftaran berlangsung, dirinya mengaku selalu lapor dan berkoordinasi dengan Kepala Sekolah (Kepsek) inisial SA.

"Dalam pantauan beliau (kepsek). Apapun tindakan saya, saya pasti lapor," ujarnya.

Hingga berita ini ditayangkan, oknum Kepsek inisial SA belum dapat dikonfirmasi. Demi keberimbangan pemberitaan, awak media masih akan berupaya mendapatkan klarifikasi terkait persoalan dimaksud. (Prn/Wwn)

Sumber: