Kasat Pol PP Metro : Era Pak Wahdi, Progja Kami Lebih Humanis

Kasat Pol PP Metro : Era Pak Wahdi, Progja Kami Lebih Humanis

Kasat Pol PP Kota Metro, Jose Sarmento --

METRO,LAMPUNGNEWSPAPER- Kasat Pol PP Kota Metro, Jose Sarmento menyebut, di masa kepemimpinan Wali Kota Wahdi Siradjuddin, program kerja di satuannya lebih mengutamakan pada kepentingan masyarakat.

“Pada kepemimpinan pak Wali Kota Wahdi, progja di kami lebih humanis, lebih mengutamakan kepentingan masyarakat. Artinya, di dalam penegasan peraturan itu mengutamakan kepentingan masyarakat. Karena, kami di Satpol PP ada tiga poin moto yaitu penegakan peraturan daerah, ketentraman dan ketertiban umum, serta perlindungan masyarakat. Kemudian, ditambah dengan pemadam kebakaran,” kata Jose, Senin, 1/7/2024.

“Jadi, kalau di bidang Penegak Perda, kami sudah melaksanakan berbagai upaya penegakan kerja. Mulai dari perizinan sampai dengan penegakan dalam hal ini penutupan dan juga penyegelan,” tambahnya.

Jose menyampaikan, pada periode kepemimpinan Walikota Wahdi, sejak satuan penegak perda Satpol PP Metro mengikuti Diklat Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS). Ia menyebut, pihaknya lebih lagi berani dalam melakukan penegakkan perda.

BACA JUGA:Kadisdikbud Metro : Pendataan Dilakukan Agar Progam Ayo Sekolah Tepat Sasaran

“Kalau kita melihat lagi ke belakang, kita dulu-dulu Satpol PP Metro belum punya keberanian untuk melakukan penutupan. Tapi, sejah dua tahun terakhir ini, karena kami sudah mengikuti Diklat dan memiliki lisensi Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS), kami berani untuk menegakkan peraturan yang berlaku di Kota Metro,” ujarnya.

Selain itu, ia mengungkapkan, dalam menjalankan tugas, Satpol PP berupaya agar tidak menghalangi pengusaha ataupun investor untuk berinvestasi di kota yang berjuluk Bumi Sai Wawai tersebut.

“Kami tidak menghambat pada pengusaha untuk masuk, tapi paling tidak mereka harus mengikuti prosedur dan aturan-aturan kami, serta melakukan berbagai inovasi. Hal ini tentunya melalui bidang trantibum, kami melakukan pendekatan-pendekatan pelayanan secara humanis kepada masyarakat, untuk taat kepada aturan yang berlaku di Kota Metro,” ungkapnya.

Jose menjelaskan, pada kepemimpinan Wali Kota Wahdi, Pemkot Metro lebih memberikan perhatikan kepada anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dengan memberikan sebuah penghargaan.

“Beberapa waktu lalu, Wali Kota Wahdi memberikan penghargaan kepada 115 anggota Satlinmas Metro yang masa pengabdiannya 10 sampai 20 tahun. Penghargaan ini diberikan pak wali sebagai bentuk perhatian dan apresiasi kepada anggota Satlinmas,” jelasnya.

BACA JUGA:Tiga Parpol ‘‘Nyalakan Lampu Hijau” Untuk Perjalanan Wahdi di Pilkada Metro 2024

“Selain itu, ada lima anggota Satlinmas Metro yang juga menerima penghargaan dari Gubernur Lampung pada beberapa waktu lalu, karena masa pengabdiannya sudah mencapai 30 tahun. Kita menjadi satu dari tiga kabupate/kota di Provinsi Lampung yang mendapatkan penghargaan tersebut. Satlinmas ini merupakan garda terdepan pada Satuan Polisi Pamong Praja,” tambahnya.

Jose menamahkan, di periode kepemimpinan Wahdi, ada beberapa prestasi yang sudah diraih oleh Satpol PP Metro seperti ;

1. Wali Kota Metro menerima Karya Bhakti dari Kemendagri.

Sumber: