Implementasi Program Kesehatan Pemkot di Wilayah Kecamatan Metro Barat

Implementasi Program Kesehatan Pemkot di Wilayah Kecamatan Metro Barat

-- Foto M. Ricardo

METRO, LAMPUNGNEWSPAPER- Sejumlah program Pemerintah Kota (Pemkot) Metro di bidang kesehatan yang berjalan di wilayah Kecamatan Metro Barat dinilai terlaksana dengan baik dan optimal. 

Hal itu diungkapkan Camat Metro Barat, Triyono. Menurutnya, berbagai program Pemkot Metro telah membuahkan hasil yang sangat membantu masyarakat.

“Misalnya untuk UHC atau Universal Health Coverage, itu untuk pelayanan kesehatan gratis lewat BPJS yang Kelas III, Alhamdulillah program ini sudah tercapai dengan hasil yang baik,” kata Triyono, saat diwawancarai, Rabu, 26/6/2024. 

Selain UHC, lanjut Triyono, sederet program besutan Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin dalam hal pengentasan stunting, menurutnya juga telah membuahkan hasil yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Seperti misalnya Jaringan Masyarakat Peduli Anak dan Ibu atau JamaPAI. Saat ini, program ini dimulai, memang sudah langsung berjalan dengan baik dan sudah dirasakan oleh masyarakat, khususnya masyarakat Metro Barat ya,” ungkapnya.

BACA JUGA:Kinerja Industri Jasa Keuangan Provinsi Lampung Terjaga, OJK Lampung Optimis Tren Positif Terus Berlanjut

“Kemudian Homecare. Nah program ini adalah di mana masyarakat yang sakit, yang memerlukan pertolongan dan bantuan, langsung dikunjungi oleh Pak Wali Kota dan Pak Wakil Wali Kota, beserta dinas-dinas terkait lainnya. Sehingga, masyarakat bisa langsung merasakan kehadiran pemerintah,” imbuhnya. 

Menurut Triyono, Homecare merupakan suatu program kesehatan yang dalam implementasinya, seolah menampakkan kesan bahwa tidak ada jarak antara masyarakat dan pemerintah. 

“Karena memang baru di periode Pak Wahdi dan Pak Qomaru ini lah ada program seperti ini. Jadi, masyarakat merasa ada kedekatan antara pemimpin dan masyarakatnya. Mereka merasa disapa, disambangi, diayomi dan diperhatikan. Bahkan tidak sedikit yang mendapatkan perhatian langsung, lalu menyampaikan terima kasih,” tukasnya. 

Selain di bidang kesehatan, pun masih banyak sederet program Pemkot Metro yang berjalan di bidang lain seperti infrastruktur, pendidikan, keagamaan dan sebagainya. Namun, Camat Metro Barat mengaku bahwa kesehatan menjadi fondasi untuk keberhasilan program lainnya.

“Karena kesehatan masyarakat itu yang paling mendasar. Semua aspek lainnya itu akan terasa dampaknya, apabila masyarakat nya sehat,” tandasnya. (MRC)

Sumber: