Wujudkan Nilai Nilai Gotong Royong Melalui BBGRM

Wujudkan Nilai Nilai Gotong Royong Melalui BBGRM

--

PESAWARAN.LAMPUNGNEWSPAPER. Semua pihak harus memahami bahwa gotong royong merupakan salah satu pengamalan  Pancasila Sila Kelima yang bermakna kemakmuran dan  kesejahteraan. 

Demikian diungkapkan Ketua TP-PKK Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi dalam penilaian Pelaksana Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Terbaik Tingkat Kabupaten Pesawaran Tahun 2024 di Desa Karang Anyar Kecamatan Gedong Tataan, Pesawaran pada Jumat 21 Juni 2024

Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat  (BBGRM) merupakan wahana dalam mewujudkan nilai-nilai gotong royong, kerjasama,  kesetiakawanan sosial, soliditas dan solidaritas masyarakat dalam berbagai bidang pembangunan. 

Dirinya menjelaskan keterkaitan dengan PKK yaitu bagian integral dari  BBGRM sebagai momentum strategis menjabarkan nilai-nilai  kegotong royongan di masyarakat. 

Sekaligus sambungnya, sebagai upaya untuk  menyegarkan kembali kedudukan dan peran strategis PKK sebagai bagian tidak terpisahkan dari penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Pesawaran melalui partisipasi memberdayakan keluarga terutama ibu dan anak. 

Istri Bupati Pesawaran itu berharap Desa Karang Anyar mendapatkan hasil yang terbaik dan berjalan dengan lancar. 

Sementara itu, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona yang diwakili Asisten Administrasi Umum Setdakab Pesawaran Heriansyah menilai BBGRM sangat  penting untuk dilestarikan sebagai bagian dari sistem nilai budaya bangsa. 

"Kabupaten Pesawaran dengan masyarakatnya yang heterogen telah menciptakan masyarakat hidup rukun dan damai, penuh kekeluargaan, keakraban, bahu membahu dalam membangun kehidupan bermasyarakat dan berbangsa," katanya.

Menurutnya penyelenggaraan BBGRM bukan hanya sekedar agenda rutin, melainkan sebuah panggilan moral untuk  menyatukan kekuatan, mengatasi kesenjangan dan  membangun kebersamaan dalam mewujudkan  kesejahteraan bersama. 

"Dalam BBGRM, semangat gotong royong antar masyarakat juga berdampak terhadap nilai-nilai dan sikap saling tolong menolong, sehingga mencerminkan masyarakat yang sejahtera, tenang dan rukun serta sikap kerja yang tanpa pamrih," ungkapnya. 

Lomba ini sambungnya, menjadi momentum untuk mengevaluasi dan meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pembangunan.

Di sisi lain Kepala Desa Karang Anyar Saryoto mengatakan bersama warganya, ia melakukan kegiatan gotong royong di beberapa dusun. 

"Salah satunya dengan membuat pos ronda dengan biaya swadaya yang ada di tiga dusun, kemudian gotong royong bersama KWT palawija dan toga yang sudah beberapa kali panen sayur mayur," ucapnya. 

Selain itu sambungnya, desa ini terkenal sebagai Sentral UMKM makanan ringan yang mengangkat perekonomian masyarakat Desa Karang Anyar.

Sumber: