Dinas Pertanian Pastikan Kebutuhan Hewan Kurban di Bandar Lampung Tercukupi

Dinas Pertanian Pastikan Kebutuhan Hewan Kurban di Bandar Lampung Tercukupi

--Foto Deka Agustina Ramlan

BANDARLAMPUNG,LAMPUNGNEWSPAPER- Dinas Pertanian Kota Bandar Lampung memastikan kebutuhan hewan kurban di Kota Tapis Berseri tercukupi. Tercatat kebutuhan kambing kurban 3500 ekor dan sapi 2000 ekor.

Hal itu disampaikan Kasi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Dinas Pertanian Kota Bandar Lampung, M Rifki, Minggu (9/6/2024). “Ketersediaan aman, biasanya kita disupport dari daerah penyangga. Biasanya akan masuk jelang Idul Adha,” kata dia.

Menurutnya, Dinas Pertanian akan melakukan pemeriksaan hewan kurban mulai dari pemeriksaan kesehatan di lapak, pemeriksaan saat dipotong, dan setelah dipotongan untuk melihat organ layak konsumsi.

“Pemeriksaan di lapak akan dilakukan 2 pekan sampai H-3 Idhuadha. Biasanya kita periksa penyakit cacing hati, antraks dan PMK,” ujarnya.

M Rifki juga mengimbau kepada masyarakat yang akan membeli hewan kurban untuk memperhatikan kesehatannya, pilih hewan kurban yang tidak mengeluarkan air liur, cukup umur dan memiliki sertifikat kesehatan.

BACA JUGA:RPH Bandar Lampung Miliki Dua Juleha Dilengkapi Sertifikat Halal

“Harapannya hewan kurban sehat sehingga dikonsumsi akan menyehatkan,” tutupnya. (dka)

Sumber: