Dinas Damkarmat Catat 68 Kasus Kebakaran Terjadi di Bandar Lampung

Dinas Damkarmat Catat 68 Kasus Kebakaran Terjadi di Bandar Lampung

Kepala Dinas Damkarmat Kota Bandar Lampung, Anthoni Irawan--Foto Deka Agustina Ramlan

BANDARLAMPUNG, LAMPUNGNEWSPAPER- Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Bandar Lampung mencatat ada sebanyak 68 kasus kebakaran telah terjadi sepanjang Januari hingga 31 Mei 2024 di Kota Tapis Berseri ini. 

Kepala Dinas Damkarmat Kota Bandar Lampung, Anthoni Irawan mengatakan, dari jumlah kasus kebakaran tersebut, kerugian yang ditaksir mencapai Rp2,2 miliar lebih.

"Selama periode Januari sampai 31 Mei 2024, sudah terdapat 68 kasus kebakaran yang terjadi di Bandar Lampung," ujarnya, Senin (3/6/2024).

Anthoni menjelaskan, dari jumlah kasus kebakaran tersebut yang paling banyak terjadi di bulan Maret yang terdapat 20 kasus kebakaran, kemudian pada Januari 19 kasus.

BACA JUGA:Nukman Minta Jajarannya Mengevaluasi Setiap Program

"Selanjutnya Mei 12 kasus, Februari ada 11 dan April terdapat 6 kasus kebakaran," ungkapnya.

Akibat kebakaran itu, pihaknya mentaksir kerugian materil yang ditimbulkan mencapai milliaran.

"Kerugian mencapai Rp2,2 miliar. Yang paling besar kerugian itu terjadi saat kebaran di Mei yang mencapai Rp844 juta," paparnya.

Adapun, kata Anthoni, penyebab kebakaran di dominasi oleh korsleting listrik hingga kelalaian dari manusia nya itu sendiri.

Seperti stop atau colokan kontak yang tidak SNI, lalu banyaknya colokan di satu kabel yang bisa kemungkinan membuat arus pendek listrik.

BACA JUGA:Lahan Tanam Bawang Merah di Kota Metro Bakal Diperluas

"Kemudian, kalau kelalaian manusia ini mereka meninggal kan rumah dengan kondisi kompor masih dalam keadaan menyala dan lain sebagainya yang bisa membuat kebakaran," ungkapnya. 

Oleh karenanya, ia pun menghimbau, masyarakat agar selalu memastikan bahwa rumahnya dalam keadaan aman dari bahaya kebakaran.

Selain itu, pihaknya juga menyiagakan enam belas pos yang berada di 20 kecamatan. Hal ini untuk merespon cepat jika terjadi kebakaran.

Sumber: