Kader Dasawisma Dalam Pandangan Wali Kota Metro

Kader Dasawisma Dalam Pandangan Wali Kota Metro

Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin--M.Ricardho

METRO,LAMPUNGNEWSPAPER - Kader Dasawisma yang memiliki peranan dalam menyampaikan informasi tentang program pembangunan dan memantau kondisi kesehatan masyarakat, khususnya dalam upaya mengantisipasi timbulnya penyakit yang dapat membahayakan keluarga dan sebagai mitra pemerintah.

Pandangan tersebut diucapkan oleh Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin. Menurut dia, Kader Dasawisma memikul tugas yang cukup berat. Oleh sebab itu, peranannya dinilai sangat berarti dan patut mendapat apresiasi.

“Coba bayangkan saja, satu Kader Dasawisma itu bertugas memantau dan mengedukasi kepada 10 sampai 20 keluarga. Nah, logikanya jika mereka ini bekerja dengan baik, maka program pemerintah akan berhasil disampaikan ke masyarakat,” kata Wahdi, usai menghadiri Jambore Dasawisma di TMII, Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Metro Utara, Selasa, 28/5/2024.

Selain itu, sambung Wahdi, Kader Dasawisma juga bertugas melaporkan kondisi warga yang ia pantau, seperti jika ada warga dengan ekonomi yang kurang baik sakit, dan semisalnya. 

BACA JUGA:Video Tawuran di Kota Metro Beredar Luas, Polisi Berhasil Amankan Dua Pelaku

“Ketika ada masyarakat yang kurang mampu atau sakit, mereka juga tugasnya ya melaporkan. Maka itu, saya kira peranan Dasawisma ini penting untuk menyampaikan program pemerintah ke masyarakat,” imbuhnya.

“Ini lah yang namanya ekosistem ya. Jadi, pemerintah itu tidak bisa bekerja sendiri. Maka peran aktif dari semua pihak juga dibutuhkan. Ekosistem semacam ini yang harus kita jaga, agar Kota Metro yang kita cintai ini semakin baik ke depannya,” tukasnya. 

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kota Metro, Silfia Naharani menambahkan, Dasawisma merupakan ujung tombak PKK, dalam menyukseskan program pemerintah, penurunan stunting, layanan kesehatan dan lainnya.

“Dasawisma itu memberikan edukasi kepada masyarakat tetang program pemerintah. Jadi, pemantauannya bisa lebih cepat. Dasawisma bersama LKK yang lain, itu ibaratnya tim suksesnya pemerintah,” tandasnya.  (MRC)

Sumber: