Pemkot Metro Kawal Perjalanan Ibadah Ratusan Jemaah Calon Haji

Pemkot Metro Kawal Perjalanan Ibadah Ratusan Jemaah Calon Haji

emaah haji gelombang II kloter JKG 33 asal Kota Metro dan Kabupaten Lampung Timur telah tiba di Jeddah, Arab Saudi, pada Senin, 27 Mei 2024. --ist

METRO,LAMPUNGNEWSPAPER - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro senantiasa memonitor perjalanan ibadah sebanyak 384 calon haji, mulai dari medical check up hingga proses pemberangkatannya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Lampung Newspaper, diketahui jumlah keseluruhan ratusan jemaah calon haji itu terdiri dari 355 jemaah asal Kota Metro dan 29 lainnya dari Kabupaten Lampung Timur. Mereka didampingi oleh 2 Pendamping Ibadah Haji (PIH), 3 tenaga kesehatan dan 2 Pendamping Haji Daerah (PHD). 

Kabag Kesra Pemkot Metro sekaligus sebagai Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD), Eka Syafrianto mengatakan, jemaah haji gelombang II kloter JKG 33 asal Kota Metro dan Kabupaten Lampung Timur telah tiba di Jeddah, Arab Saudi, pada Senin, 27 Mei 2024. 

“Sudah sampai Hotel Emmar El Taqwa kemarin, sekitar pukul 9 pagi, waktu Arab Saudi. Sesampainya di Jeddah, jemaah langsung melaksanakan ibadah umrah wajib. Alhamdulillah semuanya dalam kondisi sehat wal‘afiat,” kata Eka, Selasa, 28/5/2024.

BACA JUGA:Lapor Pak Kapolda !! Diduga Gudang BBM Ilegal Milik Oknum Polisi Berinisial R

,sebelum terbang ke Saudi Arabia, para jemaah bermalam di Asrama Haji Rajabasa, Bandar Lampung untuk menjalani serangkaian proses cek kelengkapan berkas dan kesehatan, guna memastikan kelayakan ikut penerbangan.

Kemudian, lanjut Eka, jemaah sudah memakai kain ihram sejak dari Asrama Haji Rajabasa, lalu berangkat ke Bandara Radin Intan pada pukul 17:55 WIB. 

“Total keseluruhannya yang layak terbang 391 jemaah. Sampai di Bandara Soekarno-Hatta, dilakukan pemeriksaan kembali oleh pihak Kedutaan Arab Saudi, dimulai dengan cek visa, setelah itu terbang ke Arab Saudi pukul 00:55 WIB dan sampai di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah dengan selamat, pada pukul 07:15 WIB,” jelasnya.

“Suhu memang cukup panas di Arab, sekarang ini bisa mencapai 40⁰, tapi jemaah bisa menyesuaikan waktu ibadah rata-rata ba’da Ashar atau ba’da Maghrib,” tandasnya.  (MRC)

Sumber: