Diskes Catat 54 Kasus HFMD di Bandar Lampung Sejak Januari Hingga Mei 2024

Diskes Catat 54 Kasus HFMD di Bandar Lampung Sejak Januari Hingga Mei 2024

Kadiskes Pemkot Bandar Lampung Desti Mega Putri. --Foto Deka Agustina Ramlan

BANDARLAMPUNG,LAMPUNGNEWSPAPER– Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Bandar Lampung mencatat ada 54 kasus HFMD (Hand, Foot and Mouth Disease) atau lebih dikenal dengan flu singapura di Kota Tapis Berseri.

Hal itu disampaikan Kadiskes Pemkot Bandar Lampung Desti Mega Putri. “Terhitung sejak Januari hingga 22 Mei 2024, jumlah kasus HFMD di Bandar Lampung sebanyak 54 kasus,” kata Desti, Minggu (26/5/2024).

Desti merincikan, adapun kasus flu singapura di Bandar Lampung pada Januari 7 kasus, Februari 4 kasus dan Maret 11 kasus. Kemudian April 15 kasus serta Mei 17 kasus.

“Flu singapura ini gejalanya ditandai dengan demam, nyeri tenggorokan, nafsu makan yang menurun dan nyeri atau tidak enak badan,” katanya.

“Kemudian 1-2 hari timbul bintik-bintik merah di rongga mulut yang kemudian pecah menjadi sariawan,” terangnya.

BACA JUGA:Dinas Pariwisata Perkirakan 50 Ribu Wisatawan Berkunjung ke Bandar Lampung di Libur Panjang Waisak

Lalu, lanjut Desti, timbul juga ruam kulit dan bintik-bintik  merah di telapak tangan, dapat timbul juga di tungkai, lengan bokong dan kulit sekitar kemaluan.

Desti juga menjelaskan, gejala flu singapura umumnya ringan sehingga dapat hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari.

“Sampai saat ini belum ditemukan adanya kasus kematian karena flu singapura,” paparnya.

Kendati demikian, Desti mengimbau warga Bandar Lampung perlu meningkatkan imunitas tubuh dan personal hygiene sebelum terinfeksi flu singapura.

“Jika terinfeksi segera dapatkan pengobatan dan dilakukan isolasi untuk mencegah penularan lebih lanjut,” tutupnya. (dka)

Sumber: