Aksi Bela Palestina Unila dan Gelombang Aksi Pro Palestina di Amerika

Aksi Bela Palestina Unila dan Gelombang Aksi Pro Palestina di Amerika

Aksi bela Palestina--Ist

BANDARLAMPUNG, LAMPUNGNEWSPAPER- Dalam beberapa tahun terakhir, opini publik di Amerika Serikat telah mengalami pergeseran terkait konflik yang berkepanjangan antara Palestina dan Israel. Eskalasi konflik pada Oktober 2023 telah menjadi pemicu bagi perubahan sikap yang terlihat semakin jelas di kalangan masyarakat Amerika Serikat. 

Gambar-gambar dan video tragis dari kehidupan sehari-hari di Gaza dan Tepi Barat yang diakses melalui social media berpengaruh besar terhadap perubahan opini public di Amerika Serikat khususnya untuk kalangan mahasiswa amerika serikat, Pada 17 April 2024, para mahasiswa dari Columbia University, New York, menginisiasi aksi demonstrasi di lingkungan kampus. 

Tuntutan utama yang ditujukan dari aksi tersebut yaitu agar pihak universitas memutus hubungan dengan institusi akademik Israel dan melakukan divestasi penuh atas penyokong dana yang terafiliasi dengan Israel. Mereka mendirikan perkemahan dan bersikeras tidak akan meninggalkan tenda sebelum tuntutannya dipenuhi namun aksi tersebut justru mendapat perlakuan represif dari aparat yang akhirnya  telah membangkitkan empati dan solidaritas dunia kepada Gerakan Pro Kemerdekaan Palestina khususnya solidaritas mahasiswa sedunia.

BACA JUGA:Gebyar Posyandu 2024, Pemprov Lampung Ikuti Senam Bersama Ribuan Masyarakat di Pringsewu

Senada dengan hal tersebut , Aksi Bela Palestina yang diselenggarakan atas inisiatif UKM-U Birohmah Universitas Lampung pada hari Jumat, 3 Mei 2024 merupakan bentuk solidaritas yang sama untuk dukungan terhadap kemerdekaan Palestina kegiatan ini difokuskan di bunderan universitas lampung. 

Aksi Bela Palestina yang diikuti ratusan massa aksi tersebut disambut dengan hangat oleh sejumlah civitas akademik Universitas Lampung dan masyarakat sekitar. Kegiatan Aksi Bela Palestina ini juga didukung oleh sejumlah Organisasi Mahasiswa Unila.

Isu Palestina bukan lagi kaitannya dengan isu agama ataupun isu kewilayahan, melainkan meliputi isu kemanusiaan dan juga isu keadilan.

“Isu Palestina semakin meredup bahkan hampir tenggelam berita-beritanya di laman media sosial. Aksi Bela Palestina ini bertujuan untuk membangkitkan semangat juang menyuarakan isu Palestina dan Gerakan ini merupakan Gerakan Global yang akan terus berlanjut seperti bola salju.” ujar Nyimas selaku Sekretaris Departemen KIIK (Kajian Ilmiah Islam dan Keumatan) Birohmah Unila 2024 dalam keterangan persnya.

Selain orasi, Aksi Bela Palestina ini juga diramaikan dengan kegiatan penggalangan dana untuk Palestina.

Sumber: