Kepala Dinas TPH Imbau Petani Waspada Serangan Hama

Kepala Dinas TPH Imbau Petani Waspada Serangan Hama

Foto Dok Dinas TPH: Dinas TPH dan Petani Panen Raya Padi Gogo--

PESAWARAN LAMPUNGNEWSPAPER- Pemerintah Kabupaten Pesawaran melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura panen raya bersama para petani pembudidaya padi gogo di Desa Pagarjaya dan Sukajaya Kecamatan Punduh Pedada seluas 550 hektar Senin 22 April 2024
 
Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Pemkab Pesawaran, Sam Herman mengatakan secara keseluruhan luas lahan yang dipanen mencapai 1.617 hektare di 11 kecamatan di Kabupaten Pesawaran. 
 "Dan luas lahan padi gogo yang dipanen di Desa Pagarjaya dengan luas 400 dan Sukajaya 150 hektare," ungkap Sam Herman
 
Dikatakan, pada panen padi gogo ini berpotensi menghasilkan sebanyak 5.093 ton padi. Hasil panen tersebut disimpan di lumbung untuk ketahanan pangan mandiri. “Kalau di Punduh Pedada ini hasil panennya tidak dijual, hanya untuk kebutuhan pangan saja,” jelasnya. 
 
Sampai panen, petani kerap mendapatkan serangan tikus dan babi hutan. Pihaknya meminta para petani untuk berjaga atas serangan kedua hama tersebut. Dan dampak dari serangan itu dirasa cukup luar biasa kerusakannya.
 
 "Karena padi gogo yang ditanam itu berada di lahan dengan kontur perbukitan yang dekat dengan ekosistem tikus maupun babi hutan. Sebelum panen itu saya minta ke petani untuk meronda malam sebab serangan kedua hewan hama tersebut terjadi saat malam,” jelasnya
 
Usai panen ini, pemerintah akan memberikan beberapa bantuan seperti alat pertanian pasca panen maupun panen. Pasalnya, peralatan yang digunakan petani di sana masih kebanyakan manual, seperti masih ada yang menggunakan ani-ani. Jenis bantuan itu berupa mesin perontok padi atau thresher dan gilingan.
 
“ Terkait bantuan alsintan sudah disampaikan kepada tenaga ahli menteri,”tandasnya (ozi)

Sumber: