KAI Divre IV Tanjungkarang Tambah 7.488 Kursi di Arus Mudik Lebaran

KAI Divre IV Tanjungkarang Tambah 7.488 Kursi di Arus Mudik Lebaran

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional IV Tanjungkarang menambah 7.488 tempat duduk selama momen angkutan Lebaran 2024--Deka Agustina Ramlan

BANDARLAMPUNG,LAMPUNGNEWSPAPER - Kereta api menjadi salah satu angkutan favorit masyarakat saat mudik lebaran menuju kampung halaman.

Untuk itu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional IV Tanjungkarang menambah 7.488 tempat duduk selama momen angkutan Lebaran 2024.

Penambahan tempat duduk tersebut terhitung sejak tanggal 3 April sampai 18 April 2024. Yang terbagi atas KA Kuala Stabas relasi Tanjungkarang-Baturaja (PP) dan juga KA Rajabasa relasi Tanjungkarang s.d Kertapati (PP).

Demikian disampaikan Manager Humas KAI Divisi Regional IV Tanjungkarang, Azhar Zaki Assjari, Minggu (31/3/2024).

"Awalnya hanya ada 51.480 kursi. Tapi melihat antusias masyarakat yang tinggi di mudik lebaran tahun ini, akhirnya kita menambahkan 7.488 kursi sehingga total menjadi 58.968 kursi,"  katanya. 

BACA JUGA:Safari Ramdhan di Kabupaten Pesawaran, Pemprov Lampung Berikan Sejumlah Bantuan

Penambahan kursi tersebut jelasnya, dilakukan dengan menambah satu kereta ekonomi pada tanggal yang telah ditetapkan yaitu dari 3 sampai 18 April 2024.

Untuk di rangkaian KA Kuala Stabas yang pada kondisi normal jumlah tempat duduknya 320 kursi, dengan penambahan tersebut bertambah 64 kursi menjadi 384 kursi perhari nya.

"Sementara pada tanggal keberangkatan yang sama, ada juga penambahan kereta pada KA Rajabasa yang pada kondisi normal jumlah tempat duduknya 530 kursi, dengan penambahan tersebut bertambah 106 kursi menjadi 636 kursi perhari,” ujarnya. 

Masa angkutan lebaran sendiri, lanjut Zaki, yaitu dimulai hari ini tanggal 31 Maret sampai 21 April 2024 atau selama 22 hari. 

"Untuk pemesanan KA Rajabasa dapat dilakukan mulai H-45 dan KA Kuala Stabas mulai H-7 dari tanggal keberangkatan," paparnya.

Zaki menjelaskan, penambahan tiket ini merupakan momen bagi masyarakat yang kehabisan tiket Lebaran untuk segera kembali mengecek ketersediaan tiket melalui Access by KAI, website kai.id, serta seluruh channel resmi pemesanan tiket kereta api lainnya. 

"Melalui program penambahan kursi kereta api ini tentunya ketersediaan di platform penjulan tersebut juga akan berubah atau bertambah,” katanya.

Oleh karenanya, yang semula tiket KA Rajabasa telah habis terjual, hingga pagi hari ini telah tersedia kembali sebanyak 1.282 untuk rute (Kertapati-Tanjungkarang) dan 1.094 untuk rute sebaliknya (Tanjungkarang-Kertapati) untuk keberangkatan pada tanggal yang telah ditetapkan.

Sumber: