Jelang Idul Fitri, DKP3 Kota Metro Bentuk Tim Pengawas Peredaran Daging Sapi

Jelang Idul Fitri, DKP3 Kota Metro Bentuk Tim Pengawas Peredaran Daging Sapi

pantau ketersediaan daging dan awasi Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet), jelang Idul Fitri 1445 Hijriah--M. Ricardo

METRO, LAMPUNG NEWSPAPER- Dinas Ketahananan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Metro membentuk tim khusus, yang bertugas memantau ketersediaan daging dan mengawasi Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet), jelang Idul Fitri 1445 Hijriah.

Kepala DKP3 Kota Metro, Heri Wiratno mengatakan, tim yang diterjunkan itu dibentuk, dengan tujuan mengantisipasi peredaran daging gelonggongan dan daging oplosan.

“Jadi, upaya kita di Kota Metro itu sudah membentuk tim, untuk memantau yang pertama itu, ketersediaan daging. Lalu yang kedua, itu memantau kesmavet untuk mengadakan pengawasan terhadap peredaran daging,” kata Heri, Senin, 25/3/2024.

DKP3 Metro meminta, masyarakat mewaspadai adanya daging gelonggongan maupun oplosan. Pemerintah Kota (Pemkot) Metro berupaya melakukan monitoring dengan melakukan uji sampel daging yang dijual di sejumlah pasar.

BACA JUGA:Payungi Metro Berubah Jam Operasional

Selain antisipasi terhadap daging gelonggongan dan daging oplosan, DKP3 juga mengimbau masyarakat agar waspadai peredaran daging yang mengandung pengawet berbahaya dan tidak seusai kriteria standar kesehatan lainnya.

“Kita targetkan nanti terutama di pasar dan pasar swalayan yang menjual daging. Ya, itu bertujuan supaya tidak terjadinya peredaran daging gelonggongan, daging oplosan dan lain sebagainya,” tukasnya.  (MRC)

Sumber: