BPS Provinsi Lampung Sosialisasi Program Quick Wins BPS di IIB Darmajaya

BPS Provinsi Lampung Sosialisasi Program Quick Wins BPS di IIB Darmajaya

--

BANDARLAMPUNG - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung mengadakan audiensi dengan Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya. Kunjungan ini bertujuan untuk menyosialisasikan Program Pojok Statistik dan Desa Cinta Statistik, sebuah program yang digagas BPS guna meningkatkan literasi data di kalangan sivitas akademika, Kamis (21/3/2024). 

 

Agenda audiensi yang berlangsung di Gedung A ruang meeting rektorat IIB Darmajaya ini dihadiri oleh Kepala Bagian Umum BPS Provinsi Lampung, Agung Erianto Juliandono, beserta jajarannya. Di pihak IIB Darmajaya, hadir Dr. Sutedi, S.Kom., M.T.I. (Wakil Rektor 1 Bidang Akademik), Dr. M. Said Hasibuan, M.Kom. (Dekan Fakultas Ilmu Komputer/ Direktur MBKM), dan Dr. Lukmanul Hakim, S.E., M.Si. (Kepala Pusat Pengembangan Ekonomi dan Bisnis IIB Darmajaya).

 

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik IIB Darmajaya, Dr. Sutedi, S.Kom., M.T.I. beserta jajarannya menyambut baik program kerjasama Pojok Statistik ini. Ia menyatakan bahwa IIB Darmajaya siap mendukung dan bekerja sama dengan BPS dalam mewujudkan program ini.

 

"IIB Darmajaya berkomitmen untuk meningkatkan literasi data di kalangan sivitas akademika," ujar Dr. Sutedi. 

 

"Kami siap menyediakan ruang khusus untuk Pojok Statistik dan akan mendorong para dosen dan mahasiswa untuk memanfaatkan data statistik dalam berbagai kegiatan," tambahnya. 

 

Dr. Sutedi juga menyampaikan,bahwa kebutuhan data saat ini sudah menjadi hal yang sangat penting. IIB Darmajaya memiliki kebutuhan data yang tinggi, baik bagi dosen maupun mahasiswa. Hal ini sejalan dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan akan informasi yang akurat.

 

"Kehadiran BPS dan program kerjasama ini di IIB Darmajaya akan membantu kami dalam memenuhi kebutuhan data tersebut," ujar Dr. Sutedi. "Data statistik sangat penting untuk berbagai kegiatan, seperti penelitian, pengembangan aplikasi, dan pengambilan keputusan," jelasnya. 

 

Program Pojok Statistik diharapkan dapat meningkatkan literasi statistik di kalangan mahasiswa. Dengan memahami tujuan statistik, mahasiswa akan lebih termotivasi untuk mempelajarinya.

 

Hal senada juga diutarakan oleh, Dr. Lukmanul Hakim, S.E., M.Si. (Kepala Pusat Pengembangan Ekonomi dan Bisnis IIB Darmajaya).

 

"Pemahaman tentang statistik sangat penting di era digital ini," ujar Dr. Lukmanul Hakim. "Dengan literasi data yang tinggi, mahasiswa dapat menjadi generasi yang cerdas dan mampu memanfaatkan data untuk menyelesaikan berbagai permasalahan," katanya.

 

Kemudian lebih dari itu, Dr. M. Said Hasibuan, M.Kom. (Dekan Fakultas Ilmu Komputer/ Direktur MBKM) berharap kerjasama antara IIB Darmajaya dan BPS Provinsi Lampung tidak hanya terbatas pada Pojok Statistik, semoga juga dapat terintegrasi dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) IIB Darmajaya.

 

"MBKM tidak hanya menawarkan PKL dan magang, tetapi juga studi independen yang diharapkan dapat memiliki keterhubungan dengan program Praktek kerja pengabdian Masyarakat (PKPM) di Lokus Desa Cantik," jelas Dr. M. Said Hasibuan. 

 

"Kami sangat senang jika para ahli statistik dari BPS dapat menjadi tim pengajar di IIB Darmajaya," tambahnya. 

 

Agenda audiensi kemudian ditutup dengan tur kampus, IIB Darmajaya memperlihatkan beberapa titik lokasi yang bisa dimanfaatkan sebagai area pojok statistik nantinya.

 

Diharapkan kerjasama antara BPS provinsi Lampung dan IIB Darmajaya dapat terus terjalin dengan baik dan segera bisa diwujudkan dalam rangka meningkatkan literasi data statistik di Lampung, pungkas Sutedi. (rls) 

Sumber: