Pemkot Metro Persiapkan Arus Mudik, Tambah Lampu PJU dan Perbaiki Jalan

Pemkot Metro Persiapkan Arus Mudik, Tambah Lampu PJU dan Perbaiki Jalan

Pemkot Metro melakukan perbaikan jalan dan penambahan titik pemasangan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU),--M. Ricardo

METRO,LAMPUNGNEWSPAPER-Pemkot Metro melakukan perbaikan jalan dan penambahan titik pemasangan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU), guna mempersiapkan prasarana menghadapi arus mudik 2024 nanti.

Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin mengatakan, pemerintah memastikan arus mudik Lebaran 2024 di Kota Metro berjalan dengan lancar, aman dan kondusif saat dilalui oleh pemudik. Hal itu bertujuan memenuhi pelayanan kepada masyarakat.

“Kita sudah koordinasi dan menggelar rapat untuk hal ini, saya langsung yang memimpin rapat koordinasi dan konsolidasi pembangunan, menyambut Idul Fitri 2024,” kata Wahdi usai Safari Ramadan di Masjid Babul Jannah, Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Metro Selatan, Selasa, 20/3/2024 malam.

“Persiapannya biasa kita lakukan setiap tahun memang, untuk memastikan arus mudik ini aman. Saya juga sudah minta ke Dinas PUTR untuk segera menyelesaikan pembangunannya. Bisa menggunakan anggaran rutin atau anggaran pemeliharaan. Pokoknya harus segera,” tambahnya. 

BACA JUGA:Di Lamsel Sudah 3 Bulan Tidak Gajian, Miliaran DBH 256 Desa Belum Dibagi, Upah Kerja Pungutan Pajak 0

Berdasarkan keterangan Wali Kota Metro, diketahui panjang total jalan nasional yang ada di Kota Metro saat ini sepanjang 9,8 kilometer, kemudian jalan provinsi sepanjang 15 kilometer yang kondisinya sekitar 85 persen sudah baik.

Sedangkan, panjang keseluruhan untuk jalan kota sekitar 567 kilometer. Menurutnya, kondisi infrastruktur tersebut sudah 84 persen menjadi lebih baik.

“Untuk kemantapan jalan, secara keseluruhannya kita tinggi, Kota Metro yang tertinggi di Provinsi Lampung. Tapi, memang masih ada beberapa jalan yang butuh perbaikan, makanya saya sudah minta ke Dinas PUTR agar itu bisa segera diperbaiki,” ulasnya.

“Meski memang belum bisa langsung diselesaikan semuanya, tapi sebelum lebaran sebagian jalan negara, provinsi dan kota akan kita perbaiki menggunakan dana pemeliharaan,” lanjutnya.

Sedangkan untuk fasilitas PJU, Pemkot Metro sudah merencanakan pemasangan lampu jalan sebanyak 300 titik, yang nantinya bakal tersebar di 22 kelurahan di Kota Metro di 2024 ini.

“Lampu penerangan jalan sudah mulai dipasang. Ini juga salah satu persiapan kita menyambut Idul Fitri ya, khususnya mempersiapkan arus mudik lebaran. Mungkin nanti sebelum lebaran, akan ada beberapa titik lagi yang bakal sudah kita pasang lagi,” pungkasnya.  (MRC)

Sumber: