Pasar Sentral Kotabumi Lampung Utara terbakar

Pasar Sentral Kotabumi Lampung Utara terbakar

Kebakaran di Pasar Sentral Kotabumi, Lampung Utara (Lampura) menghebohkan warga, pasalnya, puluhan kios disana hangus terbakar y--Foto Franki saputra

LAMPURA, LAMPUNGNEWSPAPER-Kebakaran di Pasar Sentral Kotabumi, Lampung Utara (Lampura) menghebohkan warga, pasalnya, puluhan kios disana hangus terbakar yang dugaan sementara akibat konsleting listrik, Rabu (13/3/2024) Sore sekira Pukul 04.00 wib. 

Kepala Dinas Perdagangan Hendri mengatakan sedikitnya ada 10 Kios milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Utara (Lampura) terbakar. Dugaan sementara kebakaran terjadi akibat konsleting listrik.

”Ada sekitar 10 Kios yang terbakar. Saya belum mengetahui pasti berapa jumlah kerugian yang dialami pedagang. Karena tidak hanya bangunan nya saja yang terbakar tapi isi di dalamnya barang-barang jualan milik Pedagang ikut terbakar,”jelas Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Lampura Hendri yang langsung turun ke lokasi.

BACA JUGA:Polres Lampung Utara Amankan 6 Dari 10 Pelaku Pemerkosaan Anak Dibawah Umur

Sejauh ini, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Untuk Kios yang terbakar, Pihaknya akan melakukan Swadaya terlebih dahulu, mana yang masih bisa terpakai akan di gunakan. Namun, Kios yang memang sudah tidak bisa dipakai kembali maka akan diajukan untuk dilakukan Pembangunan dan perbaikan.

”Kita berikan pemahaman terlebih dahulu ke Pedagang. Kita juga minta mereka untuk menjaga kebersihan, sampah-sampah jangan dibiarkan menumpuk. Karena kita takutkan ketika sampah menumpuk, ada yang menjatuhkan puntung rokok menyebabkan sampah terbakar dan membakar kios. Inilah yang perlu dipahami semua Pedagang,”himbaunya.

Sementara Dedi Pedagang Cabai mengatakan bahwa kejadian kebakaran itu sekira pukul 04.00 wib, Api begitu cepat menyebar kemana mana sehingga membuat pemadam kebakaran sedikit kewalahan. 

BACA JUGA:Taman UMKM Bung Karno Jadi Lokasi Bazar Takjil Selama Ramadhan

"Belum diketahui secara pasti kebakaran itu sumbernya dari mana, tapi tadi ada yang bilang api itu muncul dari sampah belakang kios," Kata dia. 

Atas kebakaran itu, Dedi mengaku mengalami Kerugian sendiri mencapai jutaan rupiah.

Sebab, sebel api semakin membesar ada beberapa barang dagangan yang masih bisa di selamatkan. 

"Alhamdulillah masih ada barang barang dagangan yang masih sempat diselamatkan, namun untuk kerugian sekitar 4 Jutaan, " Tuturnya. (Prn/Apr)

Sumber: