Operasi Pasar, Pemkot Metro Gandeng Kodim O411/KM dan Bulog

Operasi Pasar, Pemkot Metro Gandeng Kodim O411/KM dan Bulog

Metro - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro menggandeng Kodim 0411/KM dan Perum Bulog Sub Divisi Regional (Subdivre) Lampung Tengah--foto M.Ricardo

METRO,LAMPUNGNEWSPAPER - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro menggandeng Kodim 0411/KM dan Perum Bulog Sub Divisi Regional (Subdivre) Lampung Tengah, menggelar operasi pasar dan cek ketersediaan beras, dalam rangka upaya jaga stabilitas dan kelangkaan beras di Bumi Sai Wawai, Kamis, 29/2/2024.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Yerri Ehwan mengatakan, Pemkot Metro melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap harga sembako yang mengalami kenaikan, guna meringankan beban masyarakat.

“Dampak dari kenaikan bahan sembako mengurangi daya beli masyarakat. Harapan dari para pedagang, supaya harga dan penjualan bisa stabil kembali seperti semula,” kata Yerri.

Sementara itu, Komandan Kodim 0411/Kota Metro, Letkol Arh Rendra Febrandari Suparman mengatakan, kegiatan itu bertujuan memastikan ketersediaan sembako dan mengetahui perkembangan harga sembako di pasaran.

BACA JUGA:Pemkot Bandar Lampung akan Bantu Salurkan Hasil Karya Warga Binaan
“Saat ini harga sembako mengalami kenaikan, terlebih beras. Maka, kami ingin melihat secara langsung, untuk kemudian kami akan berupaya agar masyarakat bisa dibantu dengan mendapatkan harga yang wajar,” kata Letkol Arh Rendra Febrandari Suparman.

Tempat yang sama, Kepala Dinas Perdagangan Kota Metro, Elmanani menyampaikan, sejumlah harga bahan pokok naik. Tapi, dia memastikan stok bahan pangan aman, hingga menjelang Ramadhan.

“Kami melihat harga ternyata memang naik, tapi Alhamdulillah stok aman. Insya Allah menjelang Ramadhan ini stok aman. Kita harapkan bersama-sama harga sedikit demi sedikit mulai menurun,” kata Elmanani.

Sementara, Kepala Bulog Subdivre Lampung Tengah, Tri Novianti menyebut pihaknya telah melakukan sidak terhadap stok cadangan beras yang disediakan oleh pemerintah. Bulog juga melaksanakan operasi pasar beras dengan harga terjangkau dengan kemasan 5kg SPHP dari tahun 2023 sampai tahun ini.

“Stok beras yang ada di Bulog Metro yang berlokasi di Ganjaragung sebanyak 750 ton dan akan datang lagi 2.500 ton dari Bandar Lampung,” kata Tri Novianti.

“Perum Bulog sendiri akan memberikan atau membagikan beras bantuan pangan pemerintah secara gratis kepada masyarakat yang ada di Metro, Lampung Tengah, maupun Lampung Timur,” sambungnya.

BACA JUGA:Diduga Markup Hingga 12 Miliar, DLH Lampung Barat Dilaporkan

Dia menegaskan, pada prinsipnya Perum Bulog siap melaksanakan operasi pasar untuk masyarakat dengan harga beras terjangkau. Bulog menjual Rp.10.200 per kilogram atau Rp51 ribu per 5 kilo satu sak.

“Kami akan siap bersinergi dengan semua pihak terlebih Pemerintah Kota Metro maupun dari Kodim 0411/KM,” tandasnya.  (MRC)

Sumber: