Peringati HPSN 2024, Seluruh OPD Kompak Bersih-bersih

Peringati HPSN 2024, Seluruh OPD Kompak Bersih-bersih

Plt. Kepala DLH Lamsel, Yudius Irza turun langsung ikut melaksanakan kegiatan gotong royong pada peringatan HPSN 2024 di lingkungan Kantor Bupati Lamsel, pekan lalu.--idho mai saputra

KALIANDA,LAMPUNGNEWSPAPER - Pemkab Lampung Selatan kompak menggelar aksi bersih-bersih diseluruh organisasi perangkat daerah (OPD).

Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2024, Jum’at (23/2/2024).

 

Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lamsel, Yudius Irza menegaskan, peringatan HPSN 2024 ini merupakan arahan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor 2 tahun 2024 tanggal 31 Januari 2024. Serta, Surat Gubernur Lampung Nomor 004.142.1.1/0609/V.10./2024 Tanggal 5 Februari 2024 Tentang Peringatan HPSN 2024.

 

“Kegiatan hari ini dilaksanakan serentak baik di tingkat OPD maupun lingkungan lainnya. Sehingga, harapannya masyarakat dan lingkungan sekolah dapat lebih peduli terhadap lingkungan khususnya sampah. Ini juga bertujuan untuk terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat,” ungkap Yudius kepada Radar Lamsel disela kegiatan.

 

Dia menjelaskan, tema yang diambil pada HPSN tahun ini adalah ‘Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif’. “Ini merupakan tema secara nasional di semua daerah,” terangnya.

 

Lebih lanjut dia menyampaikan, peringatan HPSN kali ini akan difokuskan mempersiapkan readiness Indonesia dalam menghadapi penyelesaian polusi plastik di Indonesia. 

 

 BACA JUGA:Seorang Santri AL Kholis di Sidomulyo Lampung Selatan Ditemukan Meninggal

 

 "Selain itu, tahun 2024 ini juga ditujukan untuk memenuhi target nasional dalam penurunan emisi gas rumah kaca dari sektor limbah dan sampah," lanjutnya.

 

Masih kata Yudius, dibutuhkan usaha bersama untuk memperkuat posisi sektor pengelolaan sampah sebagai pendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia.

 

"Sebagai manifestasi prinsip pengelolaan sampah berkelanjutan yang memaduserasikan antara ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup," pungkasnya. (idh)

 

 

 

Sumber: