Dinas Pertanian Perkirakan Bandar Lampung Panen Padi Awal April 2024

Dinas Pertanian Perkirakan Bandar Lampung Panen Padi Awal April 2024

Kepala Dinas Pertanian Kota Bandar Lampung, Erwin --Deka Agustina Ramlan

BANDARLAMPUNG,LAMPUNGNEWSPAPER - Dinas Pertanian Kota Bandar Lampung memperkirakan panen padi di Kota Tapis Berseri akan terjadi awal April 2024. Panen kali ini mundur sekitar satu bulan akibat El Nino.

Kepala Dinas Pertanian Kota Bandar Lampung, Erwin mengatakan, akibat El Nino musim tanam padi mundur, sehingga musim panen juga mundur.

“Jadi kita perkirakan awal April akan panen,” kata Erwin, Jumat (23/2).

Menurutnya, panen padi di Bandar Lampung sebanyak 183 hektare dari 400 hektar sawah. Namun pihaknya belum bisa memastikan banyaknya hasil panen.

“Lahan kita kan sedikit, jadi masih membutuhkan pasokan beras dari daerah lain. Tapi sejauh ini kita tidak pernah kekurangan beras. Stok insyallah aman,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung melakukan sidak ke sejumlah ritel dan pasar tradisional di Kota Tapis Berseri.

BACA JUGA:Pemkot Pastikan Stok Beras di Bandar Lampung Aman

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandar Lampung, Iwan Gunawan mengaku hasil sidak stok beras aman di ritel maupun pasar tradisional. Walaupun harga mengalami kenaikan.

“Stok beras sudah ada. Kami yakin masyarakat aman dalam membeli beras naik di pasar tradisional maupun ritel modern,” kata Iwan Gunawan, Jumat (23/2/2024).

Menurutnya, Bulog telah mengeluarkan atau mendistribusikan cadangan beras, sehingga ketersedian beras di pasar maupun ritel tercukupi.

“Kalau di pasar kurang, maka Cadangan beras mereka (Bulog) akan keluar. Jadi beras premium maupun medium Bulog sudah ada di pasar,” paparnya.

Iwan mengungkapkan, akan terus melakukan pemantauan ketersediaan beras. Hal tersebut sesuai dengan intruksi wali kota yang perhatian kepada warganya.

“Kita mengimbau masyarakat tidak resah atau panic buying. Bahan pokok kita cukup hingga bulan suci Ramadan,” kata dia. (dka)

Sumber: