SMAN 01 Abung Timur Sukses Gelar Begawi Adat Lampung

SMAN 01 Abung Timur Sukses Gelar Begawi Adat Lampung

SMAN 01 Abung Timur Sukses Gelar Begawi Adat Lampung--Foto Franki saputra

LAMPURA, LAMPUNG NEWSPAPER- Dalam rangka menerapkan kurikulum merdeka pada program Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), SMAN 01 Abung Timur gelar Begawi Adat Lampung dengan mengusung kearifan lokal, Selasa, (20/02).

Kepala SMAN 01 Abung Timur, Rinaldo mengatakan kegiatan Begawi adat Lampung yang diselenggarakan di sekolahnya merupakan upaya mengedukasi dan literasi peserta didik tentang kearifan budaya lokal.

Begawi merupakan prosesi yang dianggap sakral dalam adat Lampung untuk mendapatkan perubahan status sosial sebagai pemimpin adat.

"Kegiatan (Begawi) yang kita selenggarakan hari ini di sekolah merupakan upaya untuk mengedukasi peserta didik untuk lebih mencintai adat budaya Lampung ditengah gempuran perkembangan zaman di era modern ini," kata Rinaldo.

Pada era globalisasi, sambung dia, dunia pendidikan memiliki peran untuk ikut andil mengenalkan budaya lokal, agar warisan budaya leluhur yang selama ini dijaga akan terus lestari dan tak tersisih oleh modernisasi.

BACA JUGA:Dua Pelaku Jambret Tas di Yosorejo Kota Metro Berhasil Ditangkap

"Tokoh adat setempat dan seluruh wali murid sangat antusias dengan adanya pembelajaran non-akademik kali ini, terlebih acara yang mengusung tema kearifan lokal khususnya Begawi adat Lampung untuk diperkenalkan pada pelajar yang merupakan kaum milenial sekaligus generasi penerus bangsa tersebut langsung melibatkan para pelajar sebagai subjek kegiatan," tuturnya.

Sementara itu, Managerial Dinas Pendidikan Wilayah 4 Lampung Utara, Nazliah Yulianti mengapresiasi atas terealisasinya program P5 dengan kearifan lokal Begawi adat Lampung di SMAN 01 Abung Timur yang berjalan sukses dilapangan.

"Sudah sepatutnya kita apresiasi kegiatan peserta didik hari ini. Penampilan para siswa-siswi dengan menari adat Lampung dan berbagai prosesi lainnya menjadi bukti nyata kepedulian dunia pendidikan pada kelestarian adat budaya lokal di Provinsi Lampung," ujarnya.

Pun demikian, yang dikatakan salah satu perwakilan dewan guru disana. Herry Yanti kepada media ini mengatakan pihaknya selaku dewan guru sangat bangga terhadap para peserta didiknya yang tidak risih dengan budaya lokal, hal itu dibuktikan dengan senyum sumringah para anak didiknya selama mengikuti kegiatan hari ini.

"Kami para dewan guru merasa bangga dengan anak-anak kami yang sangat antusias dan menyukseskan kegiatan program P5 Begawi Adat Lampung di SMAN 01 Abung Timur, semoga generasi penerus ini akan terus melestarikan budaya lokal Adat Lampung," ujarnya.

Hal senada disampaikan oleh salah satu tokoh adat Kecamatan Abung Timur, Yunizar gelar Suttan Rajo Gemutur yang takjub dengan generasi muda atas dedikasinya yang mau melestarikan dan dekat dengan budaya leluhur, disamping kemajuan teknologi dan zaman pada era modern saat ini.

"Kita dari Tokoh Adat menyambut baik kegiatan ini, agar generasi penerus bangsa ini nantinya dapat melestarikan adat budaya agar tidak tergerus oleh zaman modern ini," tandasnya.(*) 

Sumber: