Itera Targetkan Penerimaan Mahasiswa Baru 85 Persen dari Total Kuota 5.200 Kursi

Itera Targetkan Penerimaan Mahasiswa Baru 85 Persen dari Total Kuota 5.200 Kursi

--

BANDARLAMPUNG - Institut Teknologi Sumatera (Itera) menargetkan penerimaan mahasiswa baru sebanyak 85 persen dari 5.200 total kuota yang disiapkan. 

 

Demikian diungkapkan Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru ITERA, Abdul Rajak kepada media pada acara ITERA Open House 2024, Sabtu (17/2/2024). "Total kuota yang kita buka sebanyak 5.200 penerimaan untuk mahasiswa baru. Dengan target kita 85 persen dari total angka penerimaan yang dibuka. Yaitu, 85 persen dari 5.200 kursi yang kita sediakan," katanya. 

 

Abdul Rajak menjelaskan, kuota penerimaan mahasiswa baru tersebut terbagi dalam 41 program studi (Prodi) yang ada di ITERA.

 

Abdul Rajak menambahkan, kalau dari 41 Prodi tersebut, Farmasi merupakan Prodi yang paling banyak diminati.

 

"Paling banyak peminat itu Prodi Farmasi, lalu Prodi Informatika, ketiga Prodi perencanaan wilayah dan kota, kemudian Prodi Pertambangan, dan kelima Prodi Pariwisata," jelasnya.

 

Abdul Rajak memaparkan, pada penerimaan mahasiswa baru itu tersebut dibagi menjadi 3 jalur, yakni jalur reguler (SNBP, SNBT), jalur mandiri (SMMPTN-Barat, Prestasi Khusus dan Seleksi Mandiri Lanjutan 2024), serta Beasiswa Afirmasi.

 

"Seleksi Mandiri bersama diselenggarakan oleh PTN yang ada di wilayah Indonesia bagian barat. Tahun ini 2024, ITERA menjadi ketua tim penyelenggara SMMPTN-Barat," jelasnya.

 

Sementara itu terkait dalam penerimaan mahasiswa baru tahun 2024 ini tidak berbeda dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

 

"Secara garis besar untuk penerimaan tahun ini hampir sama dengan penerimaan di tahun lalu (2023). Namun, ada beberapa peraturan yang berubah. Seperti ada Permen Nomor 62 yang berubah menjadi Permen 48 tahun 2022 kemarin, tapi itu tidak banyak," pungkasnya. (dka)

Sumber: