Pemkot Bandar Lampung Bantu Warga Miliki Sertifikat Tanah Secara Gratis

Pemkot Bandar Lampung Bantu Warga Miliki Sertifikat Tanah Secara Gratis

--Foto Deka Agustina Ramlan

BANDARLAMPUNG, LAMPUNGNEWSPAPER- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung membantu masyarakat melalui program pembuatan sertifikat tanah secara gratis. 

Program ini diperuntukkan bagi masyarakat yang belum mampu.

Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana menyerahkan sertifikat tanah kepada 18 warga di ruang kerjanya, Kamis (1/2/2024). 

Orang nomor satu di Kota Tapis Berseri ini mengatakan, pembuatan sertifikat tanah ini merupakan bentuk kepedulian Pemkot Bandar Lampung kepada warganya yang belum mampu. 

Bunda Eva, sapaan akrabnya menjelaskan, awalnya Pemkot Bandar Lampung mengajukan untuk pembuatan 25 sertifikat tanah, tapi karena ada kendala yang berhasil dirampungkan sebanyak 18 sertifikat.

BACA JUGA:Itera Peringkat ke-9 Nasional Kampus Terbaik Versi Publikasi Riset Nature Index

“Ini tanda perhatian pemerintah kepada warga masyarakat Kota Bandar Lampung. Kemarin sudah kita tawarkan 25 orang, tapi yang bisa masuk hanya 18 orang," paparnya. 

"InsyaAllah, nanti kedepanya kita mungkin buatkan sertifikat untuk 50 sampai 100 orang,” lanjutnya. 

Namun, Bunda Eva menegaskan, bahwa program ini hanya untuk masyarakat yang benar-benar memiliki tahan sendiri, bukan menyewa atau milik orang lain.

“Kalau bisa semua warga yang belum punya sertifikat kita bantu. Tapi tanahnya tanah sendiri, kalau tanah nyewa repot nanti. Jadi buat yang belum punya sertifikat, nanti InsyaAllah kita akan bantu,” jelasnya.

Bunda Eva juga meminta kepada BPN agar program ini bisa berjalan lebih cepat. Pasalnya, proses pengurusan 18 sertifikat yang diserahkan ke warga sudah berlangsung lebih 2 tahun.

“Ini kan lama ya, ini perlu ditanyakan kepada BPN kok lama amat? Kenapa kendalanya, biar nanti bisa lebih cepat kita membantu warga yang membutuhkan,” tambahnya.

Bunda Eva juga menginstruksikan kepada para Lurah dan Camat untuk aktif turun ke masyarakat menanyakan warganya yang belum punya sertifikat, sehingga bisa dibantu oleh Pemkot Bandar Lampung.

“Mohon doanya, semoga kami bisa terus bekerja keras agar kesejahteraan juga makin baik. Semoga Kota Bandar Lampung juga menjadi kota besar, sehingga kesejahteraan masyarakat makin meningkat,” pungkasnya. (dka)

Sumber: