Awal Tahun 2024 Satu Kasus Ditemukan, DBD Intai Sragi

Awal Tahun 2024 Satu Kasus Ditemukan, DBD Intai Sragi

waspada dbd--ilustrasi dinkes sumut

SRAGI,LAMPUNGNEWSPAPER  – Masyarakat Sragi nampaknya harus mewaspadai serangan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan ditemukannya satu kasus di Desa Kedaung.

Serangan DBD yang terjadi di Desa Kedaung ini merupakan kasus pertama yang ditemukan di awal tahun 2024.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Rawat Inap Kecamatan Palas, Waluyo mengatakan, kasus DBD pertama ini ditemukan pada minggu ke tiga di bulan Januari.

“Satu kasus warga terjangkit DBD kita temukan di Desa Kedaung. Ini kasus pertama yang kita temukan di awal tahun  2024,” kata Waluyo kepada Radar Lamsel, Selasa (23/1) kemarin.

Waluyo mengungkapkan, kasus ini juga sudah mendapat penanganan, dimana pihaknya telah melakukan penyelidikan epidemologi (PE), hingga pemberantasan sarang nyamuk atau PSN di lingkungan rumah pasien DBD.

BACA JUGA:Lahan 1 Hektar Cuma Kebagian 105 Kg Pupuk ,Dampak Pengurangan Alokasi Pupuk Subsidi

“Di lingkungan rumah pasien kita juga menemukan jentik nyamuk pembawa DBD. Selain melakukan PSN kita juga sudah melakukan pengasapan di lingkungan rumah pasien,” ungkap Waluyo.

Untuk mencegah penyebaran DBD, saat ini Puskesmas Rawat Jalan Kecamatan Sragi juga mulai memberikan sosialisasi kepada masyarakat. Waluyo menjelaskan, masyarakat diimbau untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dari sampah yang dapat menjadi sarang atau tempat berkembang biak nyamuk Aedes Aegypti.

“Kita juga sudah memberikan sosialisasi, supaya masyarakat di musim hujan ini selalu menjaga kebersihan lingkungan rumah dari sampah yang dapat menjadi tempat berkembang biak nyamuk. Harapan kita dengan adanya upaya ini penyebaran DBD bisa dicegah,” harapnya. (vid)

Sumber: