Program Irigasi Nihil Anggaran, DTPH Lambar Harapkan Bantuan Pusat

Program Irigasi Nihil Anggaran, DTPH Lambar Harapkan Bantuan Pusat

Kepala Seksi Lahan dan Irigasi Bidang Sarana Prasarana, Ferdi Nitiarga --Ade Irawan

LAMBAR,LAMPUNGNEWSPAPER- Program pembangunan irigasi pertanian di Lampung Barat (Lambar) tahun 2024 terkendala anggaran.

Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) setempat mengharapkan bantuan anggaran dari pemerintah pusat dan provinsi.

Kepala Seksi Lahan dan Irigasi Bidang Sarana Prasarana, Ferdi Nitiarga mewakili Kepala Dinas TPH Lambar Nata Djudin Amran mengatakan, pihaknya telah mengajukan bantuan anggaran kepada pemerintah pusat dan provinsi.

"Yang kita ajukan sebanyak 30 titik. Kami masih menunggu kepastian jadi atau tidak bantuan dana pembangunan irigasi dari APBN, pengalaman tahun lalu di awal tahun dijanjikan dapat bantuan tapi dibatalkan,"

"Dengan keterbatasan APBD, kita juga sudah upayakan bantuan ke Provinsi melalui dinas Pengelolaan Sumberdaya Air (PSDA). Kita usulkan untuk perbaikan saluran, embung, perpompaan dan Dam parit," ujar Ferdi, Rabu (17/1/2024).

BACA JUGA:Dua Pelaku Pencurian Mobil Truck Diringkus Polres Lampura Di Banten, Tempat Persembunyiannya

Dikatakannya, anggaran program pembangunan irigasi di DTPH terakhir pada tahun 2021 lalu.

"Kalo untuk irigasi di Dinas TPH kita sudah lama sekali gak dapat anggaran dari APBD, untuk pembangunan dan rehab mengandalkan dari APBN atau DAK (Dana Alokasi Khusu). DAK pun sudah gak dapat lagi sejak 2021 terakhir," kata dia.

Ferdi mengungkapkan, setengah dari total 10 ribu hektar sawah yang ada di Lampung Barat belum tersentuh pembangunan irigasi.

"Kalo yang belum tersentuh pembangunan ya banyak sekali, yang kewenangan Dinas TPH kan yang saluran tersier. Dari total luas sawah di Lampung Barat sekitar 10 ribu hektar, paling baru setengahnya yang sudah ditangani," ungkap Ferdi.(*)

Sumber: