DD 2024 Kabupaten Lampung Selatan Naik Rp3 Miliar

DD 2024 Kabupaten Lampung Selatan  Naik Rp3 Miliar

Kepala DPMD Lamsel Erdiyansyah SH, MM--ist dok

KALIANDA,LAMPUNGNEWSPAPER - Anggaran Dana Desa (DD) di Kabupaten Lampung Selatan untuk Tahun 2024 mengalami peningkatan atau kenaikan sekitar Rp3 Miliar. Kenaikan itu diperuntukan untuk 3 prioritas kegiatan.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Lamsel, Erdiyansyah, SH, MM,  pada tahun 2023 lalu anggaran DD sekitar Rp250 miliar. Sementara di tahun 2024 naik menjadi Rp253 miliar.

 Dia mengatakan, hal ini sesuai dengan Permendes Nomor 7/2023 tentang prioritas penggunaan DD, Permendes nomor 13/2023 tentang petunjuk operasional penggunaan DD 2024 dan PMK nomor 124/2023 tentang pelaksanaan DD yang terdapat 3 prioritas utama penggunaan DD tahun 2024.

 “3 prioritas utama tersebut antara lain pertama, untuk BLT DD maksimal 25 persen. Kedua, untuk ketahanan pangan minimal 20 persen dalam rangka pencegahan inflasi. Ketiga, percepatan penanganan stunting,” ungkap Erdi saat diwawancarai awak media, Senin (8/1/2024).

 Dia menambahkan, sesuai arahan bupati Nanang Ermanto agar Dana Desa selaras dengan prioritas Kabupaten Lamsel 2024. Yang mana DD akan fokus pada penuntasan kemiskinan, penguatan ekonomi desa dan menunjung peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) melalui peningkatan Kapasitas SDM Desa.

 BACA JUGA:SIPD RI Terkendala Gaji ASN Kabupaten Lampung Selatan Terlambat

“Jadi, untuk penuntasan kemiskinan melalui program BLT. Sedangkan penguatan ekonomi desa dengan desa wisata, Bumdes, pasar desa, alun-alun sentra UMKM desa sekaligus taman bermain anak dan revitalisasi pasar. Itu jadi pusat perekonomian di desa. Jadi, kita dorong agar itu diperkuat untuk kemajuan desa," ujarnya. 

 Selanjutnya, untuk peningkatan IPM yakni dengan penuntasan anak putus sekolah, melaksanakan bedah rumah, gerakan swasembada lingkungan dengan penanaman pohon, penguatan derajat kesehatan melalui puskesdes dan posyandu serta desa percontohan pengentasan stunting dan kampung KB.

 “Selain itu, kita juga akan menguatkan smart vilange dan desa digital. Termasuk, mendorong desa mandiri dan desa maju," pungkasnya. (idh)

 

Sumber: