Rumah Warga Roboh, Nanang Langsung Datang

Rumah Warga Roboh, Nanang Langsung Datang

– Bupati Lamsel H. Nanang Ermanto langsung meninjau lokasi rumah roboh milik warga di Kecamatan Ketapang, sekaligus memberi bantuan Rp 20 juta.--Nyoman Subagio

KETAPANG,LAMPUNGNEWSPAPER - Hujan deras yang disertai angin kencang pada Rabu siang sekitar pukul 11.00 WIB, (3/1/2024) kemarin.

Akibatnya rumah milik Runimah (51) warga RT/RW:02/02, Desa Ketapang, Kecamatan Ketapang roboh. 

Rumah geribik dan sudah termakan usia itu rata dengan tanah.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Pada saat kejadian pemilik rumah sedang berada diluar rumah.

Atas kejadian itu, Pemerintah Desa Ketapang dan Pemerintah Kecamatan Ketapang bergerak cepat bergotong royong membantu korban.

Sementara pemilik rumah Runimah untuk sementara di ungsikan dirumah keluarga terdekat.

BACA JUGA:Nelangsa Dua ABG di Lamsel Diduga Jadi Korban Eksploitasi Seksual

Camat Ketapang Rendy Eko Supriyanto, S.STP mengatakan, kondisi rumah korban yang terbuat dari geribik sudah lapuk.

Hujan mengguyur dari malam sampai pagi mengakibatkan rumah korban rubuh."

Beruntung tidak ada korban saat kejadian. Pemilik rumah saat itu sedang diluar karena kejadian rumah rubuh pada siang hari," kata Rendy.

"Mendapat kabar ada rumah rubuh di Desa Ketapang, kami meminta personil Satpol PP dan aparatur desa setempat segera bertindak untuk membantu korban. Petugas Satpol PP dibantu warga membersihkan puing puing rumah geribik dan mengungsikan korban ke rumah keluarga terdekat," papar Camat Ketapang.

 BACA JUGA:Kades Pancasila jadi Tersangka, Kerugian Sebesar Rp 764 Juta

Tidak sampai disana, Pemerintah Kecamatan Ketapang langsung bergerak cepat melaporkan kejadian tersebut ke Pemkab Lampung Selatan.

Alhasil, Pemkab Lamsel melalui program GESERBU (Gerakan Sedekah Sehari Seribu) menggelontorkan bantuan kepada korban sebesar Rp 20 juta.

Bantuan tersebut langsung diserahkan oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto kepada korban Runimah, Kamis (4/1/2024).

Bupati Lamsel didampingi Camat Ketapang dan sejumlah pejabat Pemkab Lamsel serta anggota DPRD Lamsel meninjau langsung ke lokasi rumah korban.

Bupati Lamsel Nanang Ermanto mengatakan turut berbelasungkawa atas bencana yang menimpa korban di Desa Ketapang.

Dia mengajak kepada semua masyarakat untuk waspada menghadapi cuaca ekstrim saat ini.

"Saya mengajak kepada semua masyarakat untuk waspada dalam menghadapi cuaca ekstrim saat ini. Untuk keluarga korban tetap bersabar dalam menghadapi musibah ini," terangnya.

Nanang Ermanto mengatakan, untuk membantu meringankan beban keluarga korban, Pemkab Lamsel melalui program GESERBU memberikan bantuan sebesar Rp 20 juta untuk membangun rumah korban.

BACA JUGA:Malam Hari Dimanfaatkan Bupati buat Evaluasi Kinerja 

Dikatakan, bantuan Geserbu merupakan gerakan sedekah seribu sehari untuk mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Lampung Selatan.

Dia mengatakan, program yang sedang di galakkan adalah program bedah rumah bagi keluarga kurang mampu. 

"Ini bentuk kepedulian pemerintah dalam membantu masyarakat yang terkena bencana dan warga yang menempati rumah tidak layak huni. Sumber dana diperoleh dari gotong royong ASN dalam program Gerakan Sedekah Sehari Seribu (GESERBU)," kata Bupati.

 "Ketika saya mendapatkan informasi mengenai rumah ibu, kami segera tindaklanjuti untuk kesini. Program geserbu ini sudah kita jalankan. Alhamdulillah sudah banyak rumah yang terbantu karena geserbu ini,” ujarnya.

 Nanang juga meminta agar masyarakat bisa saling gotong royong membantu pembangunan rumah tersebut.

Dengan demikian, diharapkan rumah tersebut bisa segera terbangun dan dihuni oleh Ibu Runimah.

"Uang ini saya berikan dengan pak camat, supaya dapat membantu membelikan keperluan bangunan nya, nanti biar yang kurang pak camat bisa bantu. Pak Kades nanti menyiapkan tenaga untuk bangun rumahnya, gotong royong bersama warga, supaya rumahnya cepat selesai,” kata Nanang.

 BACA JUGA:KPU Lamsel Pastikan Pelipatan Surat Suara Rampung 14 Januari

Sementara itu, Runimah (50) mengucapkan terimakasih kepada Bupati Lampung Selatan yang telah membantu membangun kembali rumahnya.

“Terima kasih ya pak bupati Nanang Ermanto atas bantuan pembangunan rumah saya pak. Saya sangat merasa terharu dan bahagia atas yang diberikan kepada keluarga kami,” ucapnya.(man)

 

Sumber: