Harga Cabai Rawit di Kota Metro Mulai “Bersahabat”

Harga Cabai Rawit di Kota Metro Mulai “Bersahabat”

komoditas cabai rawit di kompleks Pasar Kopindo Kota Metro mengalami penurunan harga--M.Ricardho

METRO,LAMPUNGNEWSPAPER - Menjelang akhir tahun 2023, komoditas cabai rawit di kompleks Pasar Kopindo Kota Metro mengalami penurunan harga.

Saat ini, bahan pokok pangan tersebut dibanderol Rp30 ribu per kilogramnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Lampung Newspaper pada awal Desember 2023, diketahui fluktuasi harga terjadi pada sejumlah bahan pangan pokok di Kota Metro, khususnya cabai.

Data yang dihimpun dari sejumlah pedagang, tercatat harga cabai cukup beragam sesuai jenis. Diketahui, cabai hijau per kilogram Rp39 ribu dan terbilang relatif sedang, cabai merah keriting tembus Rp90 ribu dan cabai caplak meroket hingga Rp91 ribu per kilogram.

Sedangkan, harga cabai rawit yang semula Rp80 ribu turun menjadi Rp58 ribu per kilogram. Saat ini, cabai rawit kembali turun menjadi Rp30 ribu per kilogram.

Salah seorang pedagang komoditi bahan pokok di Pasar Kopindo Kota Metro, Heri membenarkan informasi turunnya harga cabai rawit. Menurut dia, hal itu sudah terjadi sejak sepekan lalu.

BACA JUGA:Majelis Taklim Rachmat Hidayat Provinsi Lampung Gelar Tablik Akbar Bersama Ustad Maulana

“Untuk harga cabai rawit sekarang ini sudah turun. Sekarang ini harganya Rp30 ribu per kilogram dan itu sudah lumayan lama ya turunnya. Kira-kira sudah satu minggu ini lah ya,” kata Heri, Rabu, 27/12/2023.

Senada dengannya, penjual cabai dan sayur hamparan di area Pasar Kopindo Kota Metro, Yuni mengaku harga cabai rawit bahkan dijual mulai dari Rp25 ribu per kilogram.

Dia menduga hal itu lantaran minat pembeli terhadap cabai caplak jauh lebih besar ketimbang cabai rawit.

“Ya turun harganya sekarang, cabai rawit ini sudah mulai normal harganya. Sekarang dijual antara Rp25 ribu sampai Rp30 ribu per kilogram. Mungkin karena cabai caplak lebih diminati ya. Karena kan rasanya lebih pedas. Jadi, orang itu enggak butuh begitu banyak cabai, juga sudah pedas rasanya kalau pakai cabai caplak,” kata Yuni.

“Tapi kalau untuk harganya, cabai caplak ini termasuk masih lumayan tinggi ya harganya. Masih sekitaran Rp90 ribu per kilogramnya,” lanjutnya.

Meski begitu, dalam satu pekan terakhir ini, minat beli untuk cabai rawit kembali merangkak naik. Terlebih karena telah selesainya peringatan Natal pada 25 Desember ini. 

“Kalau sekarang ini sudah lumayan banyak ya pembeli, rata-rata lebih memilih cabai rawit ini sih. Ya mungkin karena harganya kan jauh lebih murah kalau dibandingkan dengan cabai jenis lainnya. Semoga sampai (*)

Sumber: