Damkar Imbau Warga Hati-hati Saat Merayakan Tahun Baru Dengan Kembang Api dan Petasan

Damkar Imbau Warga Hati-hati Saat Merayakan Tahun Baru Dengan Kembang Api dan Petasan

Kepala Damkar Kota Bandar Lampung, Anthony Irawan,--Deka Agustina Ramlan

BANDARLAMPUNG,LAMPUNGNEWSPAPER - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Bandar Lampung mengimbau warga berhati-hati saat menyalakan petasan atau kembang api saat perayaan pergantian tahun. Terlebih di lokasi perumahan yang padat penduduk.

Demikian disampaikan Kepala Damkar Kota Bandar Lampung, Anthony Irawan, Kamis (21/12/2023).

Anthony mengatakan, kejadian kebakaran di Kota Bandar Lampung, beberapa kali disebabkan oleh kelalaian manusia. Sehingga, ia berharap warga lebih berwaspada. 

"Euforia tahun baru biasanya dilakukan dengan petasan dan kembang api. Jangan dilakukan di area pemukiman padat penduduk agar tidak terjadi risiko kebakaran," kata dia. 

Tak hanya itu, Anthony juga mengimbau, kepada masyarakat yang ingin meninggalkan rumahnya untuk memastikan terlebih dahulu alat elektronik dan kompor gas dalam keadaan aman. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kebakaran. 

BACA JUGA:Arus Mudik Nataru di Kota Metro Diprediksi Bakal Meningkat 13,7 Persen

"Kami akan membentuk Satgas Nataru untuk melakukan monitoring ke beberapa daerah atau lokasi yang perlu dilakukan pengecekan," ungkapnya. 

Satgas yang terdiri dari Satpol-PP, Kesbangpol, Dinas Perhubungan, BPBD, dan Damkar akan melakukan monitoring di gereja pada Senin (25/12/2023) dan malam pergantian tahun di Tugu Adipura, Lapangan Way Dadi, Halaman Kantor Gubernur. 

"Kita antisipasi dengan menempatkan armada berserta personel di lokasi tersebut. Kita sudah menyiapkan 14 pos kecamatan yang setiap pos disiapkan armada dengan 4 personel, siagakan 4 armada berserta 25 personel di makodamkar," tutupnya. (*)

Sumber: