Arus Mudik Nataru di Kota Metro Diprediksi Bakal Meningkat 13,7 Persen

Arus Mudik Nataru di Kota Metro Diprediksi Bakal Meningkat 13,7 Persen

Ramp check untuk kendaraan AKDP --Deka Agustina Ramlan

METRO,LAMPUNGNEWSPAPER - Kepala Terminal Mulyojati Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Lampung, Herawati memastikan arus mudik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 bakal mengalami peningkatan penumpang sebesar 13,7 persen.

Menyikapinya, sebanyak 28 Bus Antarkota Dalam Provinsi (AKDP) dipersiapkan melalui ramp check.

Herawati menyebut Terminal Mulyojati Kota Metro, Provinsi Lampung bakal mengantisipasi lonjakan kuantitas pengunjung.

Ramp check kendaraan dilakukan untuk memberi kepastian keamanan, demi keselamatan penumpang.

“Ramp check untuk kendaraan AKDP ini kita lakukan dua hari ya, dari kemarin yaitu tanggal 20 dan hari ini tanggal 21. Total kendaraan yang ada di Terminal Mulyojati ada 28. Jadi, ramp check ini tidak hanya dilakukan di Terminal Mulyojati, tetapi juga dilakukan di Terminal Rajabasa dan Pool Damri. Jadi, apabila dari 28 kendaraan itu tidak ter-ramp check di Terminal Mulyojati, maka mereka akan melakukan ramp check di Terminal Rajabasa atau Pool Damri,” kata Herawati, Kamis, 21/12/2023.

BACA JUGA:Pemkot Bandar Lampung akan Pekerjakan Penyandang Disabilitas

“Untuk arus mudik Natal 2023 dan tahun baru 2024 ini diperkirakan ada dua gelombang, yaitu arus mudik datang dan arus balik. Kalau jumlah pastinya kita belum bisa memprediksi ya, tapi persentasenya diperkirakan akan bertambah sekitar 13,7 persen dibandingkan tahun lalu,” lanjutnya.

Dia menduga, perkiraan mengenai lonjakan arus mudik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 disebabkan oleh hari libur kerja, yang bertepatan pula dengan libur sekolah yang cukup lama, selama beberapa hari ke depan.

“Kebetulan karena ada libur panjang dan ada libur anak-anak sekolah, maka dipastikan akan ada peningkatan, baik kedatangan maupun keberangkatan di Terminal Mulyojati. Kalau di Terminal Mulyojati ini didominasi keberangkatan ya, untuk tujuan Pulau Jawa,” tukasnya.

Berdasarkan keterangan Herawati, diketahui selain melakukan uji kelayakan kendaraan angkutan umum alias ramp check, Terminal Mulyojati yang dikelola Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Lampung juga mempersiapkan pos untuk cek kesehatan gratis bagi masyarakat, baik pengemudi, penumpang, maupun petugas yang sedang bertugas selama momentum peringatan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.  

Sumber: