Sragi Bakal Kembangkan Jahe Organik

Sragi Bakal Kembangkan Jahe Organik

jahe organik--ist dok

SRAGI,LAMPUNGNEWSPAPER - Sektor pertanian jahe wilayah Sragi nampaknya akan mengembangkan kembali tanaman jahe yang sempat meredup lima tahun silam.

 Saat ini wilayah Sragi telah dilirik sebuah koperasi yang bergerak dalam kemitraan tanaman rempa, akan membangun kemitraan bersama petani guna mengembangkan jahe organik berkualitas eksport.

 Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kecamatan Sragi, Haryono mengatakan, kemitraan ini akan dibangun bersama sebuah Koperasi Jaya Lestari. Ini adalah sebuah koperasi yang telah membangun kemitraan bersama petani untuk mengembangkan tanaman rempah.

 "Hari ini petani Sragi sudah mendapat kunjungan langsung dari pihak koperasi Berkah Jaya Lestari. Dimana wilayah kita dilirik untuk mengembangkan tanaman jahe organik," kata Haryono kepada Radar Lamsel, Rabu (20/12) kemarin.

 Lima tahun lalu, petani wilayah Sragi pernah membangun kemitraan dalam pengembangan tanaman jahe. Namun terhenti akibat keterbatasan pemasaran.

 BACA JUGA:Winarni Konsisten Perjuangkan Mutu Pendidikan Sejak Dini

"Dulu juga pernah luasnya mencapai sekitar 200 hektar. Tapi belum organik dan hanya untuk memenuhi kebutuhan lokal saja. Dan tidak berlanjut karena keterbatasan pemasaran," sambungnya. 

Haryono mengungkapkan, melalui kemitraan koperasi ini selain mendapat permodalan petani juga mendapat pendampingan khusus untuk menciptakan jahe organik berkualitas ekspor.

Saat upaya pengembangan jahe organik ini baru tahap pemetaan lahan. Lahan yang ditagetkan mencapai 400 hektar secara bertahap.

"Petani kita antusias, apalagi yang sudah punya pengalaman menanam jahe. Harapan kita upaya bisa berjalan dengan baik, sehingga pertanian di wilayah Sragi ini akan terus berkembang," pungkasnya. (*)

 

Sumber: