SMA Negeri 2 Kalianda Raih Penghargaan dari KPK

SMA Negeri 2 Kalianda Raih Penghargaan dari KPK

Kepala SMA Negeri 2 Kalianda, Herwansyah, S.Pd bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Drs. Sulpakar, M.M. menerima penghargaan dari KPK kategori Apresiasi Praktik Baik Implementasi Pendidikan Antikorupsi (PAK) tahun 2023.--ist

KALIANDA,LAMPUNGNEWSPAPER - SMA Negeri 2 Kalianda meraih penghargaan prestisius dari KPK. Salah satu sekolah unggulan yang ada di Kabupaten Lampung Selatan itu diganjar penghargaan untuk kategori Apresiasi Praktik Baik Implementasi Pendidikan Antikorupsi (PAK) tahun 2023.

Penghargaan itu diserahkan pada 30 November 2023, yang diterima langsung oleh Kepala SMA Negeri 2 Kalianda, Herwansyah, S.Pd bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Drs. Sulpakar, M.M. di Hotel Bidakara Grand Pancoran, Jakarta Selatan.

Raihan itu menasbihkan SMA Negeri 2 Kalianda sebagai satu-satunya SMA di Tanah Air yang menerima penghargaan dari KPK RI pada Rakornas PAK 2023. Jelas hal itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Lampung Selatan, dan Provinsi Lampung.

Sulpakar mengatakan penghargaan ini harus menjadi motivasi bagi seluruh satuan pendidikan mulai dari jenjang SD, SMP, SMA/SMK di Lampung.

Dia meminta seluruh satuan pendidikan terus gencar mengimplementasikan Kurikulum PAK kepada peserta didik.

BACA JUGA: Lapor Pak! Curanmor Bikin Resah Warga

Menurutnya, pendidikan antikorupsi memiliki tujuan untuk membentuk pengetahuan dan pemahaman bentuk korupsi dan aspeknya. Serta mengubah persepsi dan sikap terhadap korupsi, dan membentuk kecakapan melawan korupsi.

Pendidikan antikorupsi ini membuat siswa mengenal lebih dini hal-hal yang berkenaan dengan korupsi. "Sehingga tercipta generasi yang sadar dan memahami bahaya korupsi,” kata Sulpakar.

Herwansyah mengatakan bahwa PAK sudah beberapa waktu lalu diterapkan pada sekolah yang dipimpinnya. Bahkan, praktik baik PAK juga didokumentasikan dan diunggah pada platform jaga.id KPK RI. Herwansyah menyebut Implementasi PAK mampu melatih karakter disiplin dan tanggungjawab siswa.

"Bukan cuma itu saja, hasilnya yang ditunjukkan dari implementasi PAK, siswa mampu mengambil keputusan dalam menyelesaikan masalahnya," katanya, Kamis, 7 Desember 2023.

Dewan guru di SMA Negeri 2 Kalianda, lanjut Herwansyah, juga memiliki peran dalam sebuah pembinaan konseling individu, kelompok, dan pengarahan melalui bimbingan klasikal, serta berkomunikasi intensif dengan orangtua, memberikan informasi seputar perilaku dan karakter anak di sekolah.

“Selain untuk menumbuhkan karakter kepedulian kepada siswa, SMA Negeri 2 Kalianda juga mengumpulkan orangtua siswa untuk diberikan pengarahan tentang hal tersebut kepada orangtua yang membutuhkan,” katanya. (*)

Sumber: