Ada Pohon Rawan Tumbang, Segera Lapor DLH!

Ada Pohon Rawan Tumbang, Segera Lapor DLH!

(DLH) Kabupaten Lampung Selatan meminta warga untuk segara melaporkan jika ada pohon yang rawan tumbang dan rapuh. --ist dok

KALIANDA,LAMPUNGNEWSPAPER - Musim penghujan berpotensi angin kencang tengah terjadi di wilayah Kabupaten Lampung Selatan. Dampaknya, musibah pohon tumbang sangat mungkin terjadi dan membahayakan warga.

Maka dari itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lampung Selatan meminta warga untuk segara melaporkan jika ada pohon yang rawan tumbang dan rapuh. Khususnya, pepohonan yang berada di pinggir jalan raya yang bisa membahayakan para pengguna jalan.

Penegasan ini disampaikan Plt. Kepala DLH Lamsel, Yudius Irza saat diberbincang di Kantor Bupati Lamsel, Jum’at (8/11/2023) lalu.

 Menurutnya, laporan dari warga masyarakat sangat dibutuhkan mengingat kondisi cuaca saat ini yang kerap hujan disertai angin kencang. Serta, hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi kemungkinan terburuk dari tumbangnya pohon yang sudah tua.

 BACA JUGA: ASDP Berlakukan Radius Baru Pembelian Tiket, Pembelian Tiket Tidak Bisa Di Area Pelabuhan ?

“Jadi bantulah kami, karena partisipasi masyarakat sangat diperlukan, ketika melihat pohon yang rapuh atau sudah tua dan rawan tumbang, segara laporkan. Sehingga dapat langsung kami tindaklanjuti,” ungkap Yudius.

 Dia mengungkapkan, pihaknya tidak ingin mengambil resiko yang kemungkinan dapat membahayakan warga sekitar. Terlebih, musibah pohon tumbang di Lamsel pernah memakan korban yakni para pengguna jalan.

 “Jadi itu akan kita sikapi, dan kami juga saat ini punya tim yang memang khusus menangani hal tersebut,” ungkapnya.

 Lebih lanjut dia berharap, bantuan warga masyarakat akan sangat membantu dalam menangani pohon yang rapuh tersebut. Sehingga, bisa meminimalisir korban apabila terjadi musibah pohon tumbang.

 “Warga segera beritahukan ke kami jika melihat. Terutama yang memang pohon penghijauan di seputaran jalan protokol. Selain itu, warga juga harus perhatikan pohon besar yang ada di sekitar tempat tinggal mereka,” pungkasnya. (*)

 

Sumber: