Ratusan Orang Cek Kesehatan Gratis di GDM

Ratusan Orang Cek Kesehatan Gratis di GDM

Ketua IDI Lamsel melaksanakan pengobatan gratis di Gedung Dakwah Muhammadiyah Kalianda saat peringatan Hari Aids sedunia, Minggu (3/12).--Ist

KALIANDA,LAMPUNGNEWSPAPER – Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Lampung Selatan memberi pelayanan cek kesehatan gratis kepada ratusan warga Kalianda, yang memadati Gedung Dakwah Muhammadiyah (GDM) Kalianda, Minggu (3/12/2023).

 

Ketua PD Muhammadiyah Lampung Selatan Drs. H. Sutino Sasmito mengatakan kegiatan tersebut berkolaborasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Lampung Selatan serta Inisiatif Lampung Sehat (ILS) yang memang konsen di bidang kesehatan.

 

“ Bagi kami cek kesehatan rutin untuk masyarakat itu nomor satu. Oleh sebab itu tak heran jika pesertanya mencapai ratusan orang, kami tentu berterimakasih kepada IDI yang sudah berkolaborasi dengan ILS,” ucap Sutino.

 

Memang, PD Muhammadiyah tak sekedar melaksanakan cekup kesehatan bagi masyarakat. Pada moment itu juga digelar pengajian rutin di GDM. Pembahasannya meliputi berbagai sektor keorganisasian yang berada di bawah naungan Muhammadiyah.

 

Sementara Ketua IDI Cabang Lamsel dr. Wahyu Wibisana mengatakan digelarnya cek kesehatan gratis di GDM sekaligus memperingati Hari HIV/Aids sedunia.

BACA JUGA:Puluhan Komputer di SMP N 1 Palas Dicuri

BACA JUGA:Polsek Sidomulyo Bekuk Tiga Pencuri Handphone

 

“ Ini juga kami laksanakan bertepatan dengan Hari HIV/Aids, antusiasme warganya sangat baik. Mereka tak sungkan berkonsultasi dengan dokter yang meluangkan waktu dan tenaga dalam meberi pelayanan kesehatan gratis,” kata dr. Wahyu.

 

Lagi pula, mayoritas masyarakat yang ikut pengajian terbilang lanjut usia. Namun tak sedikit pula pemuda Muhammadiyah yang ingin mengecek kondisi kesehatannya kepada para dokter muda yang hadir di GDM.

 

“ Kebanyakan melakukan pemeriksaan gula darah, tak sedikit pula yang mengaku punya darah tinggi serta kolesterol hingga menyebabkan kondisi mereka menurun,” ujar dr. Gandar Sari Rona Raksi yang melayani warga berkonsultasi soal kesehatan selama dua jam non stop.

 

Sementara Sekretaris IDI Lamsel dr. Djohardi menegaskan pengobatan gratis semacam ini sering dilakukan oleh IDI di hampir setiap kecamatan.

 

“ Moment seperti ini kerap kami laksanakan, oleh karenanya meski pasien membeludak. Pengalaman serta kekompakan kawan-kawan dokter tak perlu diragukan lagi. Alhamdulillah obat-obatan yang kami sediakan banyak terbagi untuk masyarakat yang memang membutuhkan,” pungkasnya.

 

Ke depan ILS bakal terus berkolaborasi dengan IDI dan organisasi lainnya untuk melaksanakan fungsi pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Lampung Selatan.

 

“ Kami memang konsen di bidang penanggulangan TBC tetapi untuk urusan pelayanan kesehatan gratis ILS juga berkolaborasi dengan IDI,” ucak Koordinator ILS Rudi Hartono. (red)

 

Sumber: