Kapan Usia Anak-anak Telah Baligh, Kenali Ciri-cirinya

Kapan Usia Anak-anak Telah Baligh, Kenali Ciri-cirinya

Dalam Islam, anak yang sudah baligh dikatakan sebagai “mukallaf” atau orang yang sudah diwajibkan untuk menjalankan syari’at Islam--ibupedia

LAMPUNGNEWSPAPER-Masa baligh adalah salah satu fase pertumbuhan anak dalam Islam yang dikenal juga dengan masa pubertas.

 

Pada laki-laki ditandai dengan tumbuhnya rambut di bagian tubuh tertentu, mimpi basah, tumbuh jakun, dan suara semakin berat.

 

Sedangkan pada perempuan ditandai dengan tumbuhnya rambut di bagian tubuh tertentu, menstruasi, suara semakin nyaring, dan tumbuhnya payudara.

 

Dalam dunia medis, mimpi basah dapat disebut juga sebagai emisi nokturnal. Dikutip dari John Hopkins All Children’s Hospital istilah ini diartikan sebagai keluarnya air mani pada malam hari tanpa disengaja

 

Maka dari itu, bisa dikatakan bahwa mimpi basah adalah kondisi saat seseorang mengalami ejakulasi saat tidur. Ejakulasi berarti mengeluarkan air mani (cairan yang mengandung sperma) dari penis.

 

Biasanya kondisi ini terjadi ketika seseorang bermimpi tentang seks atau sesuatu yang menaikkan hasratnya.

 

Kondisi ini sangat normal dan merupakan hal umum yang terjadi pada anak laki-laki berada di masa-masa perkembangan menuju usia remaja.

Selain itu, terdapat pula tanda-tanda psikologis, seperti kesadaran bertanggung jawab, emosi yang tidak stabil, mudah marah dan tersinggung.

 

 Dalam Islam, anak yang sudah baligh dikatakan sebagai “mukallaf” atau orang yang sudah diwajibkan untuk menjalankan syari’at Islam, seperti sholat lima waktu dan puasa ramadhan.

BACA JUGA:9 Nama Iblis dan Tugasnya, Awas Jangan Sampai Memberi Nama-nama anak kita serupa

 

 Namun, dalam lingkup keluarga hal-hal seperti ini masih tabu untuk dibicarakan, akibatnya anak tidak mempunyai cukup pengetahuan dalam menghadapi masa pubertas.

 

Bahkan keluarga juga cenderung melimpahkan tanggung jawab untuk menjelaskan hal seperti ini kepada pihak sekolah.

 

Pada fase ini orang tua harus tahu serta melakukan pendampingan pada anak  tentang pengenalan masa baligh, cara menghadapinya, serta tanggung jawab apa saja yang harus dilakukan

 

Anak-anak kita harus kita ajarkan ciri-ciri masa baligh dalam Islam, tata cara mandi besar, tata cara mencuci pembalut dengan baik dan benar, serta tanggung jawab ketika menjadi baligh.

 

Dilansir dari beberapa sumber, melaksanakan semua ibadah yang diwajibkan, hanya diharuskan untuk orang yang telah mencapai usia akil baligh.

Sedangkan anak yang belum mencapai usia akil baligh masih belum terbebani dengan berbagai kewajiban. Untuk itu para orang tua harus mengetahui masa akil baligh anaknya.

 

Berikut Tanda Jika Anak yang Sudah Baligh

Sumber: