Wisata Pantai Batu Putih Ketapang, Tersusun Batu Cadas Berwarna Putih

Wisata Pantai Batu Putih Ketapang, Tersusun Batu Cadas Berwarna Putih

Akhir pekan pantai batu putih ketapang ramai dikunjungi--dok radarlamsel

LAMSEL,LAMPUNGNEWSPAPER-Pantai Batu Putih yang berlokasi di Desa Ketapang Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung, sudah lama dikenal dan dijadikan sebagai tempat wisata oleh masyarakat setempat.

Pantai Batu putih juga dijadikan sebagai tempat ibadah umat beragama Hindu, karena tepat di atas tebing pantai tersebut terdapat Pura yang biasanya digunakan beribadah oleh umat Hindu.

Melihat adanya potensi wisata pantai yang menjanjikan  dengan pengembangan wisata daerah konsep wisata religi, pantai batu putih secara perlahan mulai dibenahi, mulai dari akses jalannya sampai dengan fasilitas yang ada di pantai tersebut.

Pantai Batu Putih sendiri memiliki struktur pantai dengan tebing yang tinggi yang tersusun dari batu cadas yang berwarna putih. Mungkin itulah sebabnya pantai ini sering disebut dengan pantai batu putih.

Berbicara keindahannya sudah tentu tidak diragukan lagi, sebab sepanjang mata memandang dari atas tebing kamu dapat melihat hamparan laut yang sering dilintasi oleh kapal cargo pengangkut peti kemas dan hamparan pulau pulau kecil.

Untuk menuju lokasi Pantai Batu Putih terbilang sangat mudah dan akses jalannya pun sudah sangat bagus untuk dilalui karena sudah di aspal.

Ada dua rute yang bisa kamu lalui menuju pantai Batu Putih

BACA JUGA:Pantai Labuhan Jukung Tempat Menyandarkan Perahu Warga Sekitar, Menjelma Menjadi Tempat Wisata Yang Mendunia

Pertama, jika kamu dari Kota Bandar Lampung atau Kalianda, terleibih dahulu masuk ke Jalan lintas sumatera, cari jalan kearah Pelabuhan Bakauheni.

Setelah melewati kota Kalianda dan Penengahan, Kita akan bertemu Simpang Gayam, kemudian  arahkan kendaraan ke kiri menuju Pasar Sri Pendowo atau Ketapang ikuti jalan tersebut sampai ketemu dengan Pos Polisi Simpang Lima.

Setelah sampai di Pos Polisi Simpang Lima, arahkan kendaran menuju Desa Ketapang. dari Pos Polisi Simpang Lima sekitar 500 meter kamu akan menemukan papan penunjuk arah ke Pantai Batu Putih.

Masuk ke kiri sekitar 200 meter setelah itu belok ke kanan dan ikuti terus jalan tersebut sekitar 500 meter dan kamu akan sampai di Pantai Batu Putih.

Kedua, jika kamu dari Pelabuhan Bakauheni, dari Jalan Lintas Sumatera cari jalan menuju kearah jalan lintas timur, ikuti terus jalan tersebut hingga sampai di Pos Polisi Simpang Lima setelah itu ikuti langkah yang sama seperti langkah pertama di atas.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Baru Putih cukup Banyak, misalnya Saung tempat utuk beristirahat yang disediakan diatas tebing atau samping pura, serta spot-spot foto yang cukup instragamable.

Kamu juga dapat menuruni tebing dengan anak tangga yang sudah disediakan oleh pengelola pantai tersebut. atau jika kamu ingin berenang, kamu dapat menyewa ban yang ada di pinggir pantai dengan harga yang cukup terjangkau.

Tips yang perlu kamu perhatikan ketika berwisata ke Pantai Batu Putih adalah sebagai berikut:

BACA JUGA:3 Wisata Alam Air Terjun di Lampung Selatan yang Memesona

Pertama, pantai batu putih memiliki tebing yang cukup tinggi, jika kamu berlibur mengajak putra dan putri, usahakan untuk selalu menjaga mereka, walaupun di pinggir tebingnya sudah dipagari namun kita juga harus perlu berhati-hati.

Kedua, di Batu Putih terdapat Pura atau tempat beribadah umat Hindu, usahakan untuk tidak mengotori atau merusak beberapa fasilitas yang tersedia di tempat tersebut.

Ketiga, disana sudah ada penjual makanan, tetapi ada baiknya kamu juga perlu membawa makanan sendiri takutnya mereka sedang tidak berjualan karena memang tidak penjual tetap.(*)

Sumber: